Dua warga berhasil dievakuasi Heli Basarnas di Pantai Holtekamp

oleh -66 views
Proses evakuasi 2 warga oleh Basarnas menggunakan heli di Pantai Holtekamp.(Foto. Humas Sar Jayapura)

Kilaspapua, Jayapura- Dua warga yang mengalami cidera dilaut berhasil dievakuasi Heli Basarnas Jenis AS 365 Dauphin N3+ dengan nomor regristasi HR3605 di pantai Holtekamp Jayapura ketika melakukan hoisting, Selasa (21/9/2021).

Dua orang korban yang mengalami cidera tersebut di selamatkan oleh tim rescue dari Basarnas Jayapura selanjutnya di evakuasi menggunakan Helikopter SAR ke Rumah Sakit rujukan terdekat. Evakuasi dilakukan menggunakan rescue jangkar dan jaring dengan ketinggian hoist heli 24 meter.

Penyelamatan dua warga tersebut merupakan bagian dari simulasi evakuasi udara dan teknik pertolongan di permukaan air yang di selenggarakan oleh Basarnas Jayapura dalam menghadapi pelakasanaan jalannya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura (Kakansar) Sunarto, S.IAN mengatakan, Basarnas Jayapura mendukung penuh kesiapsiagaan selama pelaksanaan PON.

” Selain kesiapasiagaan alut SAR kami juga meningkatkan ketrampilan dan kompetensi rescuer dengan melaksanakan simulasi evakuasi udara”, terangnya.

Sebanyak 36 personil rescue dan 5 crew heli terlibat dalam kegiatan simulasi evakuasi udara ini dengan alut yang digunakan yakni Heli dan 2 perahu karet serta peralatan pendukung lainnya.

Kegiatan lain yakni free jump atau lompat dari heli ke dalam air dengan keetinggian 4 hingga 5 meter dari permukaan air. Pelaksanaan free jump ini terbagi 4 shorty dengan tiap shorty ada 4 rescuer dan 1 jumping master.(Humas Sar Jayapura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *