Promosi Wisata Alam Yapen di Event Trabas Memukau Peserta

oleh -233 views
Tampak Dari Kiri ke Kanan, Ketua Pengadilan Serui, Dandim 1709YAWA, Kapolres Yapen dan Setda Kabupaten Kepulauan Yapen saat membopong peserta Terabas Termuda Oman Mai umur 11 Tahun.(Foto. Rich)

Kilaspapua, Yapen – Dalam rangka mempromosikan potensi wisata dan Keindahan alam di Kabupaten Kepulauan Yapen, Komunitas motor Trail Serui Motor Xtrim (SMX) bersama Dandim 1709 Letkol Inf Leon Pangaribuan menggelar event Terabas guna menggaet warga luar daerah untuk melihat secara langsung keindahan pesona wisata kabupaten kepulauan Yapen terlebih objek wisata baru Manabay.

Ajang promosi wisata melalui olahraga otomotif Terabas ini setidaknya diikuti oleh 350 crosser yang berasal dari beberapa kabupaten tetangga seperti Waropen, Biak ,Nabire bahkan Manokwari.

Mengambil garis start dari objek wisata Manabay , Para peserta Terabas yang dibagi dalam dua kelas yakni Kelas Enduro dan kelas Bebas dilepas langsung oleh Kapolres Kepulauan Yapen,AKBP Fredyan Indra Fahmi dan Sekda Alexander Nussy mewakili Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar.

Ratusan Rider dengan penuh semangat menerjang beberapa ruas hutan belantara disekitar kampung Sarawandori dan para joki motor trail ini sempat disulitkan oleh medan yang terjal dan curam ,Tak ayal beberapa Rider sempat jatuh bangun saat melintas dijalur yang ekstrim dan menantang adrenalin mereka .

Meski demikian para peserta tidak patah arang dan tetap semangat untuk menyelesaikan tantangan lintas alam menggunakan motor trail yang dikendarai oleh masing-masing peserta, seolah kepenatan mereka terobati dengan asrinya hutan dan keindahan pantai yang dilewati mampu menyegarkan tubuh mereka kembali.

Ratusan pesarta yang datang dari luar kota terlihat takjub melihat teluk Manabay yang tertata indah dengan dua kolam besarnya. Meraka pun tidak melewatkan kesempatan itu dengan bersua poto di tepi Manabay.

Pada acara puncak yaitu pengundian hadiah dilaksanakan di lapangan Alun-alun Serui dihibur artis dari Jayapura dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, panitia mewajibkan pengunjung menggunakan masker, menjaga jarak dan ditambah lagi pemberian Hand Sanitizer dan masker dari Panitia.

Namun akibat antusias masyarakat yang ingin menyaksikan acara tersebut menyebabkan alun-alun kota Serui dipenuhinya oleh warga masyarakat, sehingga panitia langsung mempersingkat acara agar protokol Covid-19 tetap dapat di terapkan.

Wakil Bupati Kepulauan Yapen ,Frans Sanady yang ikut dalam acara pembagian Doorprize bagi para peserta menyampaikan apresiasi kepada panitia karena telah sukses dalam menyelenggarakan event ini dan dapat menghadirkan peserta dari luar kabupaten .

” Tujuan event ini adalah untuk mempererat hubungan antar kawasan atau wilayah di teluk cendrawasih dimana kehadiran mereka memberikan sesuatu yang penting karena dengan mereka datang mengikuti Terabas ini dapat sekaligus menyaksikan potensi-potensi diwilayah kita ” ujar Wabup Frans Sanady.

Menurut Wabup bukan hanya destinasi wisata Manabay saja yang dapat dinikmati oleh para peserta dari luar kabupaten tetapi nikmatnya rasa kopi ambaidiru perlu dirasakan oleh para peserta dari luar agar sekembalinya mereka dari kabupaten ini dapat menceritakan situasi Yapen yang penuh pesona .

” Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten kepulauan Yapen saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang datang dari luar daerah bisa mengikuti event yang dilaksanakan oleh SMX dan Dandim 1709 Yapen Waropen serta semua pihak yang telah mendukung acara ini” pungkas Sanady. (Rich)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *