Peringati HPSN, Dishut Papua Gelar Kerja Bakti Dan Tanam Pohon di Pasar Phara Sentani

oleh -411 views
Kadishut Papua saat memimpin apel HPSN tingkat Provinsi di Pasar Phara Sentani.

Kilaspapua, Sentani- Untuk memperingati hari peduli sampah nasional,(HPSN) setiap tanggal 21 Februari, dinas kehutanan,( Dishut) Provinsi Papua bersama intansi dinas lainnya baik Kota Jayapura ,Kabupaten Jayapura, anak sekolah dan sejumlah komunitas peduli sampah melakukan kerja bakti sekaligus penanaman pohon di Sekitar pasar Pharaa, Sentani, Jumat (21/2/2020).

Kepala dinas kehutanan,(Kadishut) Provinsi Papua, Jan Jap L.Ormuseray, S.H, M.Si kepada wartawan mengatakan, untuk tahun ini, HPSN tingkat Provinsi dipusatkan di Kabupaten Jayapura dalam hal ini berlokasi di Pasar Phara Sentani.

“ Dilaksanakan di Sentani karena Kabupaten Jayapura saat ini perjuangan mendapatkan Adipura, nah salah satu indikatornya adalah lingkungan yang bersih, dan hijau. Oleh sebab itu, hal-hal yang dilakukan saat ini adalah gerakan membersihkan sampah bertepatan dengan peringatan HPSN sekaligus menanam pohon, sebagai bentuk memotivasi warga masyarakat kita di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura untuk peduli menanam pohon,” katanya.

Tanam Pohon di Pasar Phara Sentani

Kadishut Papua saat menanam pohon di Pasar Phara Sentani disela-sela kerja bakti memperingati HPSN.

Untuk pohon yang ditanam, Dia menjelaskan, sekitar 100 pohon namun masih ada stok dan itu berada di Kantor Kehutanan dan lingkungan hidup.

“ Masyarakat bisa membawa stok tanaman untuk ditanam dan itu gratis,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Jayapura, Kris Tokoro mengungkapkan, terselenggaranya kerja bakti dan tanam pohon di Pasar Phara Sentani tak lain, kerjasama antara dinas kehutanan Papua bersama dinas lingkungan Kabupaten Jayapura terlebih belakangan ini Pasar Phara Sentani disoroti terkait banyaknya sampah.

“ Bersamaan ini juga dilakukan penanaman bunga disepanjang jalan protokol Hawai sampai jembatan Kemiri oleh PKK Kabupaten Jayapura dan itu melibatkan semua organisasi perempuan di Kabupaten Jayapura. Tadi pagi kami sudah menyerahkan secara simbolis jenis bunga untuk ditanam,” ungkapnya.

Sebelumnya lebih dulu dilaksanakan apel yang dipimpin oleh, Kepala dinas kehutanan,(Kadishut) Provinsi Papua, Jan Jap L.Ormuseray, S.H, M.Si diikuti seluruh peserta baik TNI,Polri, dinas terkait dan anak sekolah di Pasar Phara Sentani.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *