Masyarakat Adat Dondai Siapkan 13 Perahu Motor Tempel Bagi Tamu KMAN

oleh -22 views
Perahu motor tempel siap digunakan bagi tamu KMAN VI.(Foto. KMAN VI)

Kilaspapua, Sentani- Masyarakat adat Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, akan menyiapkan 13 motor tempel untuk melayani penyeberangan tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) yang akan ikut serasehan di Kampung Dondai

Satu-satunya sarana transportasi dari dan ke Kampung Dondai dari Sentani maupun dari kampung-kampung lain di sekitarnya hanya menggunakan perahu motor tempel, termasuk mengantar-jemput peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI.

Untuk menyambut peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara 2022 yang  akan tinggal dan mengikuti sarasehan KMAN, masyarakat adat Dondai menyiapkan setidaknya 13 unit perahu motor tempel untuk melayani tamu selama berlangsungnya sarasehan KMAN.

Jumlah perahu motor tempel ini masih akan ditambah lagi dari masyarakat Kampung Sosiri. Jumlah yang Sosiri siapkan sekira 14 unit perahu jonson. “Nanti jumlahnya akan lebih dari 20 unit perahu motor tempel yang akan melayani tamu dan peserta KMAN. Pemerintah Kabupaten Jayapura pun akan menyiapkan sebuah kapal,” ujar Kepala Kampung Dondai, Yosias Daimoiye di Dermaga Dondai, Senin (19/9/2022).

Kampung Dondai Distrik Waibhu Kabupaten Jayapura terletak di seberang Barat Danau Sentani. Tidak ada jalan darat yang menghubungkan antara Dondai dan wilayah lain di sekitarnya. Perahu motor tempel menjadi satau-satunya sarana transportasi andalan dari dan ke Dondai. (KMAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *