Kunker ke Sentani, Pangkogabwilhan 3 bertemu Toga dan Tomas

oleh -33 views

Kilaspapua, Sentani – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) 3 Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han)., melakukan Kunjungan Kerja ke Papua, Senin (16/5/2022).

Dalam Kunkernya ini Pangkogabwilhan 3 Letjen TNI I Nyoman Cantiasa menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melakukan pertemuan bersama tokoh-tokoh agama, khususnya Kristen, sejumlah Ondofolo, Tokoh Masyarakat dan paguyuban-paguyuban di Jayapura.
Tokoh agama Kristen yang hadir tergabung dalam PGGJ (Persatuan Gereja-gereja Jayapura).

Komsos yang berlangsung di Gereja Bethel Indonesia Blessing Papua Ministry Sentani, Kabupaten Jayapura ini sekaligus ajang perkenalan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa sebagai Pangkogabwilhan 3.

“Dan kini sebagai anak adat disini saya hadir untuk datang menyapa terlebih dahulu tokoh-tokoh masyarakat di Tanah Papua ini, saya bisa jalan-jalan disini apalagi saya juga baru menjabat sebagai Pangkogabwilhan 3. Saya tidak tahu kenapa saya selalu yang ditunjuk di Tanah Papua,” ungkap Pangkogabwilhan 3 Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat memberikan sambutan di hadapan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Papua di GBI Blessing Papua Ministry Sentani.

Nyoman Cantiasa mengaku sudah lebih dari 5 tahun bertugas di Papua, dimulai sebagai Danrem 173/PBV di Biak, Kasdam XVII/Cenderawasih di Jayapura, Pangdam XVIII/Kasuari di Manokwari dan sekarang sebagai Pangkogabwilhan 3 di Timika.

“Ini merupakan organisasi yang baru di tahun 2019, dan saya ditunjuk sebagai Pangkogabwilhan pada Bulan Februari 2022 yang lalu,” katanya.

Sebelumnya I Nyoman Cantiasa menjabat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari Papua Barat dengan pangkat Mayjen.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Pangkogabwilhan mengatakan pemerintah saat ini memberi perhatian besar untuk pembangunan di Papua, namun masih sering terganggu dengan aksi-aksi teror yang dilakukan oleh KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).
“Saya kebayang kalau mereka turun semua, sudah pasti pembangunan akan lancar sekali, karena semua sektor sudah diberikan oleh pemerintah, dari mulai TNI, Polri, PNS, sektor swasta dan sebagainya,” ujar Pangkogabwilhan.
Untuk itulah, pemerintah masih terus melakukan berbagai upaya agar mereka yang masih berseberangan ideologi bisa kembali kepada NKRI dan bersama-sama membangun Papua.

Sementara itu Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura diwakili Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro memberi apresiasi atas kunjungan dan perhatian Pangkogabwilhan yang telah bertemu dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Jayapura.

“Ini kunjungan yang sangat luar biasa apalagi beliau kumpulkan PGGJ dan Paguyuban juga bisa hadir. Dan beliau bisa menyampaikan wawasan kebangsaan yang luar biasa untuk kita sama-sama mendengar, dan mudah-mudahan ini menjadi kekuatan kita berbangsa dan bernegara jadi lebih kokoh lagi untuk kita mambangun bersama dan memajukan Kabupaten Jayapura,” ujar Wabup Giri Wijayantoro.
Tidak lupa atas nama Pemda Kabupaten Jayapura, Wabup Giri mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan rencana beliau menyiapkan SDM Papua melalui pendekatan perekrutan anggota TNI.

 

Pada akhir pertemuan, Pangkogabwilhan menyerahkan Alkitab dan cinderamata secara simbolis kepada 7 perwakilan gereja di Jayapura yang tergabung dalam PGGJ. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *