Melalui konsep Merdeka Belajar, Guru-guru bisa langsung menjadi Pemimpin disekolahnya

oleh -62 views
Suasana Lokakarya 7 festival panen hasil belajar program pendidikan guru penggerak,(PGP) angkatan 3 Kabupaten Jayapura disalah satu hotel di Kota Sentani.

Kilaspapua, Sentani- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan menggelar kegiatan Lokakarya 7 festival panen hasil belajar program pendidikan guru penggerak,(PGP) angkatan 3 Kabupaten Jayapura disalah satu hotel di Kota Sentani, Kamis (19/5/2022). Kegiatan itu diikuti 25 guru pendidikan penggerak dan 5 guru pengajar praktek,(PP) yang mewakili seluruh sekolah SD, SMP dan SMA di Kabupaten Jayapura.

Kepala bagian Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan,(PPPPTK) Bahasa, Joko Sudani mengatakan, Digelar kegiatan ini menindak lanjuti program dari Konsep Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbud, Nadiem Makarim.

“ Lewat sekolah penggerak dan guru penggerak yang akhirnya mendapatkan bibit unggul sebagai pemimpin masa depan disetiap satuan pendidikan baik SD, SMP dan SMA yang kedepan menjadi pemimpin disekolah tersebut seperti, Kepala Sekolah, pengawas sekolah, guru pelatih,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Ini juga salah satu cara mengubah paradigma pendidikan. Semula terfokus kepada guru sekarang berfokus kepada murid.

“ Jadi sekarang terfokus kepada murid sehingga tercipta pelajar pancasila. Artinya, murid yang memiliki berahlak, beriman, mempunyai kreativitas, memiliki sifat gotong royong, kebhinekkaan global, dan mandiri,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Tedd Mokay mengharapkan melalui loka karya hasil panen belajar dari kegiatan ini bisa berdampak bagi guru-guru yang lain dan sekolahnya.

“ Guru dimaksud adalah, sekolah yang bersangkutan misalnya, guru bahasa Indonesia memberikan dampak bagi guru-guru bahasa Indonesia disekolahnya. Sementara bagi sekolah sama namun berdampak juga bagi sekolahnya dan sekolah yang lain,” harapnya.

Hasilnya, Ia menjelaskan, guru yang mengikutinya kemudian menerapkan kesekolahnya kedepan bisa langsung menjadi kepala sekolah disekolah bersangkutan.

“ Jadi, sekarang untuk menjadi kepala sekolah tak perlu lagi mengikuti berbagai tahapan seleksi bermacam-macam, cukup menjadi guru penggerak melalui program merdeka belajar sudah bisa menjadi kepala sekolah,” jelasnya.(Redaksi)
 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *