Diantar Masyarakat Adat, Alpius Toam Serahkan Berkas Bacabup di PDIP, Ismail Mambi : Tahapan Lanjutan Penjaringan di DPD  

oleh -1.981 views
Alpius Toam didampingi isteri dan diantar masyarakat adat ketika menyerahkan berkas Bacabup yang diterima Ketua Bappilu DPC PDIP Kabupaten Jayapura.

Kilaspapua, Sentani- Bila sebelumnya telah mengambil formulir pendaftaran, Alpius Toam, ST, MM.T ditemani isteri, Amelia Ibo kini secara resmi menyerahkan berkas dokumen persyaratan Bakal Calon Bupati,(Bacabup) Jayapura periode 2024-2029 ke PDIP dan diterima oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu,(Bapilu) DPC PDIP Kabupaten Jayapura, Ismail Mambi disekretariat DPC PDIP Kabupaten Jayapura, Kamis (25/4/2024).

Alpius Toam, ST, MM.T kepada wartawan mengatakan, ini bukti keseriusannya untuk ikut konstestan di Pilkada Kabupaten Jayapura yang dijadwalkan digelar bulan November 2024.

“ Apalagi saya termasuk salah satu kader PDIP namun pasif sebab sebelumnya masih sebagai ASN. Setelah dinyatakan pensiun pada tanggal 12 April 2024 baru bisa melakukan kegiatan perpolitikan. PDIP menjadi prioritas sebab hari pertama pendaftaran langsung mengambil formulir pendaftaran dan saat  itu dalam perkataan akan dikembalikan 1-3 hari dan itu dibuktikan dengan telah diserahkan saat ini formulir pendaftaran sekaligus menyerahkan berkas  ,” katanya.

Alpius mengaku ada sedikit terkendala mengenai salah satu persyaratan tentang legalisir ijazah S-1 dan S-2.

“ Ketika dikonfirmasi legalisir ijazah S-1 dan S-2 tidak bisa dilakukan di koordinator perguruan tinggi wilayah Timur seperti di Uncen, sehingga dilakukan komunikasi untuk melegalisir di institusi asal. Ketepatan anak saya di Malang sehingga dilakukan legalisir lalu dikirim sehingga dengan itu melengkapi berkas yang telah ada ,” ucapnya.

Itu artinya, sambung Alpius semua dokumen yang diminta telah lengkap. Kalaupun nanti hasil verifikasi dari PDIP masih ada yang kurang, itupun masih akan dilengkapi juga karena memang akan ada tahapan-tahapan yang akan dilakukan di DPC oleh Bappilu dan proses di DPD hingga DPP PDIP.

“ Hari ini juga saya lengkap diantar oleh dari berbagai dukungan seperti, tokoh masyarakat adat yang terdiri dari ondo, kepala suku dari Yakonde, tokoh agama, pemuda, perempuan termasuk pemuda masjid juga ikut hadir bersama-sama memberi dukungan bahkan ada juga ikut pensiunan guru dan tenaga kesehatan sebagai lembaga perwakilan profesi ,”ujarnya.

Alpius Toam saat mengisi absensi ketika akan menyerahkan berkas Bacabup di PDIP.

Alpius mengungkapkan, selain disini mereka juga akan ikut memberikan dukungan ketika hal seperti ini saya lakukan juga di partai lain. Makanya, kedepan kita akan lebih solid secara bersama-sama ,” ungkapnya.

Untuk berkas yang diserahkan, Alpius membeberkan, biodata, KTP, kartu anggota, NPWP, riwayat pekerjaan, ijazah dari mulai SD hingga perguruan tinggi wajib dilegalisir, pernyataan komitmen untuk mengikuti proses hingga selesai dan komitmen politik.

“ Dengan ditandatanganinya komitmen politik, itu berarti kita akan membangun dukungan kerja dengan partai. Dukungan lainnya seperti lembaga Papua juga dilampirkan dan itulah persyaratan umum yang sudah dilengkapi seluruhnya ,” bebernya.

Menunggu Wakil

Alpius Toam, ST,MM.T menyebutkan, kita diberikan waktu hingga dibulan Juni untuk memastikan wakilnya siapa. Atas itu, kami juga menunggu teman-teman yang nanti menyiapkan diri untuk maju sebagai bakal calon wakil Bupati Jayapura melakukan pendaftaran.

“ Setelah mendaftar, tentu kita melakukan komunikasi. Jadi, seperti yang dulu dikatakan bahwa, hari ini belum bisa diputuskan karena kondisinya masih dinamis dan berubah. Semua orang sedang membaca peta kekuatan politik sehingga setelah itu kita akan berjalan bersama-sama. Nanti setelah teman-teman berminat mendaftar sebagai wakil Bupati Jayapura, maka selanjutnya kita melakukan komunikasi ,” sebutnya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu,(Bappilu) DPC PDIP Kabupaten Jayapura, Ismail Mambi menegaskan, berkas yang diserahkan Bakal Calon Bupati,(Bacabup) Jayapura Alpius Toam, ST, MM.T sudah lengkap. Setelah ini, akan dilakukan verifikasi kemudian pemetaan.

“ Setelah pemetaan lalu ditanggal 12 Mei selanjutnya di DPD PDIP Provinsi. Berhubungan karena pak Toam pertama yang mengembalikan berkas, maka pertama juga di DPD PDIP Provinsi untuk melakukan penjaringan ,” tegasnya.

Ismail menjelaskan, seperti sebelumnya bakal calon yang telah mengembalikan formulir, itu menandakan keseriusan bakal calon memenuhi syarat yang diminta. Maka dengan diserahkan berkasnya dipastikan bakal calon Bupati Jayapura Alpius Toam bisa mengikuti penjaringan di DPD PDIP Provinsi Papua.

“ Hingga saat ini yang ambil formulir sudah 6 tetapi yang kembalikan baru 1 dan itu pak Toam, bahkan yang tanya-tanya banyak termasuk perwakilan juga ada namun sesuai konsisten kita supaya datang ambil formulir sebab ada beberapa hal yang ingin disampaikan ,” jelasnya.(Redaksi)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *