Aksi Keji KKB di Oksibil, Bakar Kios, Tembak 2 Warga Hingga Serang Seorang Satpol PP

oleh -655 views
Aksi KKB di Pegubin diawali membakar 1 bangunan pasar aset Pemda dan 7 kios milik warga.(Foto. Humas Ops Damai Cartenzs)

Kilaspapua, Jayapura- Kelompok Kriminal Bersenjata,(KKB) kembali melakukan aksi keji. Diawali dari membakar 1 bangunan pasar dan kios kemudian menembak 2 warga terus menembaki seorang Satuan Polisi Pamong Praja,(Satpol) PP.

Dimulai dari membakar 1 bangunan pasar dan 7 kios di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang,(Pegubin) pada Senin 18 September 2023 sekitar pukul 14.30 wit.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP. Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH., saat dikonfirmasi mengatakan, Pembakaran 1 bangunan pasar dan 7 kios yang dilakukan oleh KKB terjadi setelah kontak tembak antara patroli gabungan Ops Damai Cartenz dan Polres Pegunungan Bintang senin kemarin.

“Kerugian material berupa 1 bangunan pasar yang merupakan aset Pemerintah daerah Kabupaten Pegunungan Bintang dan 7 kios milik warga masyarakat Sulawesi tenggara (Buton)”, terang kasatgas.

Maka itu, Kasatgas mengungkapkan, saat ini aparat TNI/Polri masih berjaga-jaga mengantisipasi gangguan keamanan dari kelompok KKB tersebut  ,” ungkapnya.

Tembak 2 Warga

Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berlanjut dengan menembak 2 orang warga masyarakat Di Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin kemarin (18/09/202) sekitar pukul 19. 00 wit.

2 warga yang ditembak KKB saat mendapatkan penanganan medis di RSUD Oksibil.(Foto. Humas Ops Damai Cartenzs)

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP. Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH., saat di konfirmasi mengatakan, peristiwa Penembakan terhadap 2 orang Warga masyarakat itu berawal dari sekitar pukul 16.00 wit, Saat  itu kedua Korban sementara berada di tempat Kedukaan yang berlokasi di depan Pasar Lama Jalan Mabilabol Distrik Oksibil.

Kemudian pada pukul 16.45 wit, lanjutnya kedua korban kembali kerumah di Jalan Okpol ( Belakang Guest House ) sesampainya di Rumah korban dan sementara berada di dapur untuk menyiapkan makan malam, tiba – tiba terdengar suara tembakan yang mengenai kedua Korban

“Akibatnya saudara, Regina Bitdana (50) mengalami luka tembak diatas pergelangan kaki sebelah kiri kemudian saudara Jonas Kalakmabin (35) mengalami luka tembak pada mata kaki sebelah kiri ,” ucapnya.

Kasatgas membeberkan, Kedua korban saat ini telah berada di RSUD Oksibil untuk dilakukan penanganan medis ,” bebernya.

KKB Serang Dan Tembaki Satpol PP Pemda Pegubin

Tak puas, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melanjutkan aksinya di Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang,(Pegubin) tepatnya di Area Jalan Yapimakot. Aksi yang dilakukannya menghadang, menembak hingga membacok seorang warga masyarakat yang merupakan ASN (Satpol PP) Kabupaten Pegunungan Bintang bernama, Simon Petrus Sroyer (35) sehingga mengalami luka serempetan tembakan di telinga dan luka pada perut akibat terkena sejata tajam (sangkur) milik KKB., Selasa,(19/09/2023).

Seorang Satpol PP Pemda Pegubin terluka dibagian perut  setelah diserang, dan ditembaki KKB.(Foto. Humas Ops Damai Cartenzs)

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP. Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH., saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut,” katanya.

Menurut Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 bahwa dari keterangan korban, bermula saat korban dalam perjalanan ke kantor dengan menggunakan sepeda motor. Kemudian korban dihadang oleh KKB yang berjumlah 5 orang dengan masing-masing memegang senjata api laras panjang.

“Setelah korban dihadang, korban langsung di tembaki oleh KKB hingga mengenai telinga sebelah kanan. Korban juga mengalami luka sobek pada bagian perut sebelah kanan akibat terkena sangkur yang dilakukan oleh KKB ,” ucapnya.

Kasatgas mengungkapkan,setelah korban ditembaki oleh kelompok KKB tersebut, korban langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor miliknya menuju pos jaga di area Gereja Bethel Indonesia (GBI) untuk melaporkan kejadian tersebut kepada anggota TNI/POLRI yang melaksanakan pengamanan.

“Pada saat korban di tembaki, korban masih menggunakan helem, sehingga terdapat lubang bekas tembakan pada helm yang digunakan korban ,” ungkapnya.

Beruntung korban selamat, lanjutnya sehingga saat itu langsung dilarikan ke RSUD Oksibil untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut ,” ujarnya.(Redaksi)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *