Selamatkan ekosistem Papua jadi thema peringati hari lingkungan hidup Sedunia di Papua

oleh -122 views
Kepala dinas kehutan Papua saat menanam pohon pada peringatan hari lingkungan Sedunia yang dilaksanakan di Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.(Foto. Tinus)

Kilaspapua, Sentani- Memperingati hari lingkungan hidup Se-dunia,(HLHS), Dinas Kehutanan Provinsi Papua merangkainya dengan melakukan apel bersama sekaligus membersihkan bibir danau Sentani dan penanaman pohon yang berlangsung di Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jum’at (18/6/2021).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, pada peringati kali ini pihaknya memberikan Thema “selamatkan ekosistem Papua”.

“Ekosistem Papua ini kan cukup, yang mana kita tahu bahwa ekosistem ini terdiri dari seluruh makhluk hidup yakni, manusia, tumbuhan, satwa, dan  lingkungan,” ucapnya.

Katanya, Thema yang diangkat pada momen ini tujuannya tak lain untuk membangun persahabatan yang baik antara manusia dan alam sekitar.

Lanjutnya, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dalam menjaga lingkungan, maka menurut data kementerian degradasi di Papua mengalami penurunan.

“Hal ini menunjukkan bahwa kami telah berhasil menahan laju penebangan pohon. Oleh karenanya kami harap kesadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan hidup itu bisa terus dipertahankan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, peringatan kali ini dilakukan di Kabupaten Jayapura karena,  mengingat dalam waktu dekat kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah PON. Sehingga kegiatan penghijauan dan kebersihan pada momen ini, difokuskan di kabupaten Jayapura.

“Kita tahu bahwa Klaster utama PON itu di Kabupaten Jayapura, oleh karenanya maka beberapa kegiatan yang kami lakukan pada momen ini, kami fokuskan di Kabupaten Jayapura. Agar nantinya tamu kita yang akan datang itu bisa merasakan adanya kenyamanan yang baik, melalui penghijauan maupun kebersihan lingkungan yang saat ini kami lakukan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, sebenarnya peringatan ini  jatuh pada 5 Juni, tetapi karena satu dan lain hal sehingga kegiatan tersebut baru dilakukan saat ini,” tuturnya.

Maka dari itulah, Ia berharap melalui momen Hari Lingkungan Hidup Se-dunia ini, masyarakat Papua bisa lebih pekah menjaga lingkungannya masing-masing dengan baik.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *