Papua Intimate Dinner, Ajang Promosi Budaya Nusantara Yang Ada di Tanah Papua

oleh -75 views
Bupati Jayapura saat menyampaikan sambutan dalam Papua Intimate Dinner digelar di Grand Ballrom Hotel Sultan, Jakarta. (Foto. Ist)

Kilaspapua, Jakarta- Acara Papua Intimate Dinner disinyalir sebagai salah satu ajang mempromosikan budaya nusantara yang ada di Tanah Papua. Hal itu diketahui saat berlangsungnya kegiatan tersebut di Grand Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Kegiatan itu menyedot perhatian banyak orang termasuk 3 Menteri Kabinet Kerja Presiden yakni Menteri Investasi, Menteri Pariwisata dan Menteri KSP. Diawali dengan lagu Indonesia Raya dan Tanah Papua, acara yang dikemas dalam rangka menyambut 3 event budaya nusantara yang akan berlangsung pada tanggal 24-30 Oktober mendatang ini mendapat sambutan positif dari para Menteri yang hadir.

Menteri Investasi/BKPM RI, Bahlil Lahadalia disela acara ini mengatakan, Acara ini sangat bagus selain sarana promosi untuk kabupaten Jayapura tentang festifal keindahan danau Sentani tetapi saya juga memaknai bahwa ini adalah moment untuk kami anak-anak Papua bisa kumpul disini saling bertemu dan ini sebagai forum silaturahmi, ” ujarnya saat diwawancarai berbagai media.

Selanjutnya Papua intimate dinner ini juga sebagai bagian daripada promosi pariwisata yang mana setiap tahun harus dikembangkan terus guna menarik minat wisatawan berkunjung ke Jayapura.

Juga ini merupakan momentum emas untuk menunjukkan kepada republik Indonesia bahwasanya Jayapura bisa sebagai salah satu kota tujuan wisata.

Disinggung soal dampak investasi, jelas kata Menteri Investasi ini memberi dampak

“Untuk investasi itu nanti kaka langsung ke Jayapura baru kita atur investasi di sana, ” cetus nya.

Kendati diakui investasi di sektor pariwisata semenjak pandemi covid sempat anjlok, namun investasi di sektor lain masih tetap berjalan dengan baik.

Sementara Menteri KSP Moeldoko dalam sambutan yang dibacakan Ade Irvan Pulungan, SH selalu Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Bidang Hukum mengatakan pembangunan kesejahteraan di Papua merupakan prioritas pemerintah Indonesia.

“Menjadi dasar justifikasi Reformasi kebijakan dan Reformasi struktural antara lain dengan menerbitkan UU nomor 2 tahun 2021, UU nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah, Inpres nomor 9 tahun 2020 dan terakhir dibentuknya 3 UU tentang DOB, ” imbuhnya.

presiden kata Ade Irvan sangat serius memberi perhatian terhadap tanah Papua, tidak hanya kebijakan namun sudah 15 kali berkunjung langsung ke berbagai wilayah di tanah Papua.

“FDS merupakan ajang yang tepat untuk mengedepankan kebudayaan kabupaten Jayapura guna meningkatkan kunjungan wisatawan nasional dan domestik untuk hadir di Jayapura, ” ujarnya.

Presiden juga mendukung KMAN VI yang akan diselenggarakan di wilayah adat Tabi  dan bakal Dihadiri langsung oleh Presiden RI sebagai wujud kecintaan terhadap tanah Papua.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno  dalam statemen video yang ditampilkan mengapresiasi kegiatan intimate dinner sebagai ajang promosi pariwisata.

“Saya ucapkan selamat dan sukses untuk acara papua intimate dinner. dengan semangat 3 G, gerak cepat, gerak bersama dan gas full utk maksimalkan semua potensi pariwisata di papua,” imbuhnya.

Ia mengharapkan semoga pariwisata di tingkatkan terus untuk berakselerasi bangun pariwisata sehingga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *