Pengkab Pertina Kabupaten Jayapura dilantik, PORKAB dan PORPROV Jadi Target Pertama

oleh -71 views
Ketua Umum Pengcab Pertina Kabupaten Jayapura, Benyamin Yarisetouw didampingi Ketua Komisi Pembinaan dan Prestasi Pengcab Pertina Kabupaten Jayapura, Beni Demena.(Foto. RZR)

Kilaspapua, Sentani- Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kabupaten Jayapura masa bhakti 2022-2026 resmi dilantik oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si.

Pelantikan dilakukan melalui prosesi pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan Berita Acara Pelantikan yang dilangsungkan di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Kota Sentani, Senin (16/5/2022) sore.

Ketua Umum Pengcab Pertina Kabupaten Jayapura, Benyamin Yarisetouw, S.E., M.Par., AIFO.P., kepada awak media mengatakan setelah dilantik, Pertina Kabupaten Jayapura siap untuk bekerja mengembalikan kejayaan tinju Kabupaten Jayapura.

“Program kita Pertina yang pertama adalah seluruh sasana di Kabupaten Jayapura kita lantik untuk legalitasnya, maka yang ada di sasananya akan terdaftar secara baik, mulai petinjunya, pelatihnya, wasitnya, hakimnya, semua terdaftar dengan baik di Pertina,” ujar Ketua Pengcab Pertina Kabupaten Jayapura Benyamin Yerisetouw, usai pelantikan pengcab-pengcab cabor di SBY Sentani,” ucapnya.

Berikutnya, kata Benyamin, pihaknya akan mempersiapkan petinju-petinju yang akan tampil di PORKAB II 2022 dari distrik-distrik sehingga melalui PORKAB nanti akan dihasilkan petinju-petinju terbaik yang akan dibawa untuk dibina menuju PORPROV pada Bulan November 2022 di Kota Jayapura.

“Target kita tidak banyak, 3 Medali Emas sudah bisa menjadi Juara Umum di cabor tinju,” ungkapnya optimis.

Setelah itu Target selanjutnya adalah PON XXI Aceh dan Sumut separuh dari Tim Tinju PON Papua harus berasal dari Kabupaten Jayapura.

“Inilah era kebangkitan tinju Papua, dimana sebelumnya Kabupaten Jayapura ini telah banyak melahirkan petinju-petinju dengan nama besar untuk Bumi Kenambai Umbai, Papua bahkan Negeri ini,” sebut Benyamin Yarisetouw.

Pria yang juga Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura ini bertekad membangun kembali kejayaan tinju di Kabupaten Jayapura yang sempat mati suri.

“Animo tinju akan kita bangkitkan kembali, mulai dari pembinaan usia dini di sekolah-sekolah,” katanya.

Setelah pembinaan usia dini, selanjutnya menjadi petinju yunior dan seterusnya sampai menjadi petinju elit.

Setelah berhasil sebagai petinju elit, yang bersangkutan bisa memilih karir tinju selanjutnya, tetap bertahan di Amatir atau beralih ke tinju profesional.

Lebih lanjut, Benyamin Yarisetouw mengatakan dalam masa kepengurusannya akan mempersiapkan SDM tinju secara berjenjang.

Sebelumnya, Pengkab Pertina Kabupaten Jayapura ikut dilantik secara kolektif bersama 11 Pengkab lainnya oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Senin (16/5/2022).

Mathius Awoitauw berharap dengan dilantiknya pengcab-pengcab ini setiap cabor sudah harus mempersiapkan diri menghadapi PORKAB II 2022.

“PORKAB ini menjadi pertaruhan pembinaan atlet usia muda, dimana pendekatan kita adalah sport sains untuk menuju PORPROV dan PON,” kata Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura ini.

“Untuk itulah, sesungguhnya PORKAB kita laksanakan agar menjadi panggung bagi para atlet-atlet muda di Kabupaten Jayapura ini, bisa menunjukkan prestasi mereka,” pungkasnya. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *