Porkab Di Depan Mata, KONI Papua Terkesan Malas Tahu

oleh -49 views

Kilaspapua, Sentani – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura memastikan pelaksanaan Porkab II Tahun 2022 Kabupaten Jayapura akan tetap berlangsung sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Panitia Besar (PB) Porkab II yaitu tanggal 8 -18 Juli 2022 mendatang.

Penegasan ini disampaikan langsung KONI Kabupaten Jayapura melalui Sekretaris KONI Kabupaten Jayapura Septhinus Yerisetouw kepada sejumlah awak media di Kantor KONI Kabupaten Jayapura, Hawai, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (4/7/2022).

“Meski di bulan yang sama KONI Kabupaten Jayapura dihadapkan pada kewajiban menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Kabupaten Jayapura,” ungkap Sekretaris KONI Kabupaten Jayapura Septhinus Yerisetouw saat mendampingi Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring, ketika memberi keterangan pers, Senin (4/7/2022) siang.

Menurut Septhinus Yerisetouw, agenda yang menjadi prioritas KONI Kabupaten Jayapura adalah Porkab yang tinggal beberapa hari lagi pelaksanaannya.

“Dalam kesempatan ini saya bisa sampaikan ada 2 hal, sebagai Pengcab dan Sekretaris Pertina Provinsi Papua dalam mendukung persiapan kita menuju Porprov sekaligus persiapan PON XXI Aceh-Sumut. Dan berikut adalah Porkab Kabupaten Jayapura yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 18 Juli 2022,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dalam persiapan kita khususnya untuk Porkab ini pihaknya terkendala dengan 2 kegiatan yang harus dilaksanakan dalam satu waktu, yang mana keduanya dilaksanakan di Bulan Juli.

“Dari segi aturan, salah satunya harus ditangguhkan atau kami tunda. Tapi ini tidak bisa karena kami sudah dapat surat rekomendasi perpanjangan yang berakhirnya nanti tanggal 25 Juli 2022, sementara Porkab juga berjalan di Bulan Juli, dalam aturan Anggaran Dasar KONI Pasal 35 Ayat 8, dijelaskan ketika Musyawarah Olahraga dan Pekan Olahragadilaksanakan di tahun yang sama, maka salah satunya harus ditunda, sampe 6 bulan ke depan baru bisa dilaksanakan ” jelasnya.

Dikatakan bahwa Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, tetap mendorong KONI Kabupaten Jayapura untuk fokus melaksanakan PORKAB agar berjalan sukses. Hal ini karena Porkab menjadi barometer pembinaan atlet di Kabupaten Jayapura yang akan menjadi masa depan olahraga di Papua.

Untuk itu dirinya berharap agar KONI Provinsi Papua turut memberikan perhatian agar pelaksanaan Porkab dapat berjalan dengan baik.

“Kami KONI Kabupaten Jayapura ini selalu dari PON ke PON kami selalu memberikan medali terbanyak untuk KONI Papua, kami dari 117 atlet KONI Kabupaten Jayapura itu kemarin masuk ke PON itu 97 atlet itu yang ikut pertandingan itu 48 peraih medali. Kami KONI Kabupaten Jayapura selalu memberikan yang terbaik,” ungkap Sekretaris Umum KONI Kabupaten Jayapura

“Nah, cuma kami kemarin (3/7) bincang-bincang dengan KONI Papua, kami pikir jika ada kemungkinan-kemungkinan bisa membantu kami KONI Kabupaten dalam iven yang akan kami selenggarakan ini, karena apapun yang kami lakukan untuk atlet ini besok akan menjadi atlet provinsi. Coba kita berpikir bersama-sama untuk yang kita rencanakan di Kabupaten Jayapura ini, KONI Provinsi juga mendukung kami. KONI Provinsi tidak pernah siapkan atlet, atlet semua itu ada di KONI kabupaten lewat cabang olahraga yang ada di kabupaten. Ini yang kemarin tidak berpikir baik dari KONI Provinsi, mungkin karena masa pelantikannya belum terjadi sehingga susah dalam mengambil keputusan,” pungkasnya.

Sebagai kabupaten yang mempunyai kontribusi besar dalam menyumbang atlet dan prestasi bagi Provinsi Papua, Septhinus berharap adanya bentuk dukungan dari KONI Provinsi Papua. Dukungan ini bisa dalam bentuk aturan organisasi namun juga bisa memberi bentuk dukungan lain, mengingat atlet yang akan lahir dari iven Porkab ini nantinya akan menjadi atlet Papua yang akan bernaung di bawah KONI Provinsi Papua untuk menghadapi PON XXI Aceh dan Sumatera Utara, yang kurang lebih akan berlangsung dalam 2 tahun ke depan.

Ditempat yang sama, Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring menegaskan, bahwa sesuai petunjuk Ketua Umum sudah sangat jelas bahwa mau tidak mau, suka tidak suka, Porkab dan Musrokab di daerah ini harus jalan.

Dikatakan, alokasi waktu yang tersisa ini akan dimanfaatkan secara baik supaya dalam waktu yang singkat semua fasilitas pendukung dan kesiapan lainnya bisa ditata dengan baik guna suksesnya dua ivent besar di daerah ini yaitu, Porkab II dan Musorkab.

“Lewat Porkab ini kita akan buktikan dan pertahankan bahwa Kabupaten Jayapura adalah kabupaten dengan gudang atletnya. Atlet dari sejumlah Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingan pada PON dan SEA Games itu sebagian atletnya adalah dari Kabupaten Jayapura,” pungkasnya.

Tidak lupa dirinya memberi apresiasi kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura yang juga Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, yang telah memberi perhatian besar kepada perkembangan olahraga di daerah ini, termasuk diantaranya memberi bantuan finansial. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *