Perempuan Inspiratif Asli Papua, Mengolah Sagu Jadi Kue Nastar, Pj Bupati Jayapura :  Pemudi produktif Mesti Didukung  

oleh -2.679 views
Pj Bupati Jayapura saat mencicipi kue kering nastar berbahan baku sagu berjuluk Chatie Bakery .

Kilaspapua, Sentani- Sosok inspiratif perempuan asli Papua bernama lengkap Kathinka Soumilena patut diapresiasi pasalnya dia mampu mengolah bahan baku sagu menjadi kue kering nastar yang cukup enak dilidah. Kue kering nastar tersebut dijuluki Chatie Bakery yang kini cukup diminati kalangan masyarakat Jayapura.

Kathinka Soumilena kepada media ini menuturkan, sebelum merintis kue kering dia telah mencoba sejumlah bidang.

“ Dimana yang mengupgrade, itu yang ditekuni. Walaupun beberapa kali jatuh namun bangun lagi ,” tuturnya.

Chatie mengaku sempat menekuni usaha jualan kopi sebab berprofesi sebagai barista. Dan itu ditekuni dari tahun 2017 hingga sekarang sambil memulai membuat kue kering ditahun 2023 lalu.

“ Karena dirumah mama yang basisnya tataboga sering ikut membantu membuat kue, termasuk masak dan membuat kue pengantin. Jadi, sambil barista kopi, saya juga menekuni usaha kue kering dan kue ulang tahun ,” ucapnya yang akan berumur 30 tahun dibulan Juni ini.

Untuk omzet, dia mengungkapkan, sesuai order artinya diorder baru dibuatkan. Maka itulah, dia berharap ada rumah produksi.

“ Saya termasuk UMKM dari Kabupaten Jayapura cuma sekarang kue kering tersebut harus ada izin-izin seperti BPOM. Terlebih, makanan itu konsumsi langsung yang berkenaan dengan kesehatan sehingga harus ada izin-izinya, jika itu sudah dimiliki baru dipasarkan diluar ,” ungkapnya.

Adapun prasyaratnya, dia menjelaskannya setidaknya memiliki rumah produksi dan itu tentunya memerlukan biayai yang cukup. Saya yang memulai dari nol ini, tentunya tak memilikinya sehingga dimulai dari kecil dulu, diawali dari rumah.

“ Puji Tuhan bulan Desember dan tahun baru lalu saya membuat kue kering 160 toples. Sementara pelanggan masih didominasi hari-hari besar sedangkan kue ulang tahun juga diminati hingga pernah mendapat omzet perhari Rp 1,6 Juta ,” jelasnya yang masih merintis sendiri.

Maka itulah, dia berharap apa yang dilakukannya dijadikan motivasi bagi anak-anak Papua. Berprinsiplah dalam hati bahwa, kita juga harus bisa dengan tekun tetap berusaha sekerasnya. Dan bagi ingin memesan kue kering bisa menghubungi 0812-4830-3109 Nastar sagu, Chatie Bakery ,” harapnya.

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengakui bahwa kue kering nastar sagu Chatie Bakery sangat enak sehingga yang begini mesti kita dukung.

“ Berulang kali saya sampaikan di Jajaran Pemkab Jayapura untuk anak-anak muda yang telah melakukan produktif, itu harus didukung ,” ujarnya.

Triwarno juga minta OPD dibidang UMKM harus mendukung produktif ini sebab memiliki nilai potensi yang sangat bagus kedepannya. Untuk itulah kita sama-sama memberikan dukungan agar Chatie Bakery bisa lebih maju lagi daripada sekarang ,” pintanya.(Redaksi)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *