Gelar Perayaan Tahun Baru Islam 1444 H, Kajati Papua Beri Santunan kepada 100 Anak Yatim Al- Ahkam Kejati Papua

oleh -133 views
Kajati Papua saat berphoto bersama dengan Asintel dan panitia kegiatan perayaan tahun baru Islam 1444 H diaula Kejati Papua.(Foto. Ist)

Kilaspapua, Jayapura- Kejaksaan Tinggi,(Kejati) Papua menggelar perayaan Tahun Baru Islam 1444 H dengan memberikan santunan kepada anak-anak Yatim DKM Al- Ahkam Kejati Papua yang digelar diaula Kejati Papua, Rabu (10/8/2022).

Kajati Papua, Nikolaus Kondomo, SH,MH dalam sambutannya mengatakan, Terima kasih atas kehadirannya dalam acara santunan anak yatim dalam rangka memperingati bulan Muharram dan tahun baru 1444 Hijriah.

“ Tadi sudah kita dengarkan penyampaian dari Ketua Panita acara bahwa agenda santunan anak yatim ini diharapkan menjadi agenda rutin dan tahunan dalam menyemarakkan Perayaan Tahun Baru Islam,” ucapnya.

Lanjutnya, Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas inisiatif agenda yang sangat mulia dan sosial ini sesuai thema : dalam rangka memupuk persaudaraan dan kepedulian dari Spirit atau semangat dalam menyambut Tahun Baru Islam dan mengawalinya dengan hal-hal baik serta terpuji.

“ Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas jerih payah serta kebaikan teman-teman Panitia dan para donatur. Pada bulan Muharram yang Agung ini, kita sebagai umat muslim yang cerdas tentu perlu melakukan muhasabah diri, refleksi diri, evaluasi diri supaya di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kajati mengungkapkan, Salah satu resolusi yang utama dan perlu kita biasakan adalah semangat berbagi. Di hari ini, berbagi tidak lagi perlu menunggu kaya. Berbagi pula tidak perlu menunggu agar kita dewasa, tidak perlu menunggu naik jabatan, dan tidak pula perlu lulus PNS dulu baru kemudian berbagi.

Pada momentum Muharram di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini kita patut bersyukur karena bisa berkumpul bersama dengan anak-anak yatim, calon pemimpin umat di masa depan, calon dokter, calon tentara, calon Hafiz Qur’an, dan juga calon ulama masa depan.

Sementara Ketua Panitia, Agus Kurniawan, SH,MH selaku Asisten Pembinaan Kejati Papua menjelaskan, Ada banyak keistimewaan di bulan Muharram, dan dari masing-masing keistimewaan tersebut bisa menjadi ladang amal bagi kita semua.

“ Pada bulan Muharram, kita bisa melaksanakan puasa Tasu’a, juga puasa Asyura yang pahalanya dapat menghapus dosa setahun yang lalu. Bahkan demi memanfaatkan momentum syahrullah ini, kita pun disunnahkan untuk memperbanyak puasa, seperti puasa sunnah Senin Kamis dan Ayyamul Bidh.

Namun amalan kebaikan bukanlah hanya puasa saja. Memasuki Tahun Baru Islam, barangkali beberapa dari kita pernah dengar dengan istilah Idul Yatama yang artinya lebarannya Anak Yatim.

Saya atas nama Panitia dan DKM Al-Ahkam juga akan melaporkan bahwa pada santunan ini kami akan membagikan pada 100 anak-anak yatim yang telah kami undang dan hadir pada saat ini.

Acara ini diharapkan menjadi agenda rutin tahunan yang kita selenggarakan pada setiap tanggal 10 bulan Muharram.

Mudahan-mudahan melalui acara ini, akan menjadi satu pemantik sekaligus renungan bagi diri kita semua bahwa berbagi pada sesama adalah satu perintah Allah terlebih pada anak-anak yatim yang kita cintai ini.

Melalui kegiatan ini, kita juga bisa mengambil sebuah pembelajaran bagi hati kita agar senantiasa bisa bersyukur atas limpahan nikmat-nikmat Allah.

Santunan ini bukan semata-mata masalah angka, tapi kita bisa menilainya cinta, kepedulian dan kasih sayang kami kepada adik-adiku semuanya,” jelasnya.

Pesannya, Tetaplah semangat untuk belajar, menuntut ilmu dan jadikan pribadi-pribadi yang cerdas dengan dilandasi akhlakul karimah.

“ Jadilah generasi penerus bangsa yang memiliki keimanan yang kokoh kepada Allah Rabbun Ghofur,” pesannya.

Pada kesempatan itu juga, Kajati Papua menyerahkan secara simbolis Santunan kepada Anak Yatim dan bantuan kepada Pengurus Yayasan didampingi Ketua Panitia, Ketua Tahmir Masjid dan DKM Al-Ahkam Kejati Papua.(Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *