14 Wartawan Media Gathering OJK Kunjungi Produksi Ikan Asar Biak Dapur Usior  

oleh -156 views
Yubelius Usior perintis usaha Dapur Usior menunjukkan ikan asar hasil produksinya saat wartawan media gathering OJK berkunjung ke usahanya.

Kilaspapua, Biak- 14 wartawan yang mengikuti kegiatan Media Gathering yang digelar OJK Papua dan Papua Barat berkesempatan mengunjungi produksi ikan Asar Biak dengan nama usaha dapur Usior yang dirintis oleh Yubelius Usior. Beralamat Jalan Pramuka Belakang Hotel Mapia Biak Kota.

Yubelius Usior menuturkan, Usaha dimulai tahun 2018 dengan memotivasi anak-anak muda untuk menjadi pelaku usaha ikan asar.

“ Daripada menghabiskan waktu sia-sia. Ia mengajak usaha ini bisa dilakukan,” tuturnya, Sabtu (20/8/2022).

Untuk pemasaran, Ia mengaku sudah menjangkau hingga ke Jayapura.

“ 2 Minggu sekali saya mengirim ikan asar ke Jayapura sesuai dengan permintaan. Tetapi Sebagian besar masih dijual dipinggir jalan sekitar rumah dengan menggunakan gerobak ,” ucapnya.

Untuk harga, Ia menjelaskan, bervarisi tergantung jenis ikannya. Kalau perekor ikan cakalang dijual Rp 50.000 . Tetapi jika 3 ekor harganya menjadi Rp 60.000. Lainhal jika ikan Julung dihargai Rp 45.000 ,” jelasnya.

“ Ikan asar ini aman dan higienis bahkan memudahkan siapa saja yang ingin membawanya. Ikan asar bisa bertahan lama dan itu tergantung penyimpanan saja,” jelasnya.

Soal omzet, Ia membeberkan, sekitar 600-700 ribu yang didapat saat pemesanan.

“ Bila diproduksi dalam jumlah banyak tetapi pembeli masih minim tentunya menjadi mubazir. Makanya omzet tergantung permintaan selama produksi dan itu tidak selalu menetap ,” bebernya.

Untuk bantuan usaha, Ia menjelaskan, sudah mendapat dari Bank BNI dan Pemerintah daerah. Makanya usaha ini bisa berjalan sampai saat ini,” jelasnya.(Redaksi)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *