Bantuan Modal Perbankan, Mampukan Peternak Ayam Petelur Kandorway Farm Di Biak Bertahan  

oleh -64 views
Wartawan Media Gathering OJK saat mengunjungi peternak ayam Kandorway Farm di Biak .

Kilaspapua, Biak- Peternak Ayam Petelur yang dirintis oleh Samparisna Kbarek sejak tahun 2019 yang beralamat di Jalan. Hendrik Kbarek No.1 Desa Yafdas, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor mampu bertahan ditengah persaingan. Salah satu yang memampukannya bantuan dari permodalan pihak perbankan.

Menurut, Samparisna Kbarek bahwa, melalui program KUR dari Bank BRI tahun 2020 ia menerima sebesar Rp 50.000.000 yang dialokasi membangun kendang ayam berukuran 15 m x 7 m. Kembali ditahun 2021 menerima bantuan sebesar Rp 50.000.000 dengan dialokasikan pengadaan rak plastik hitam dari Surabaya, Jawa Timur ,” ucapnya, Sabtu (20/8/2022).

Untuk produksi, Ia mengaku sekitar 640 butir perhari dari jumlah 830 ekor ayam ras petelur . Sedangkan untuk ayam yang belum berproduksi yang berusia 2 bulan 2 minggu  berjumlah 300 ekor .

“ Awalnya bermodal 600 ekor ayam yang dipesan dari Makasar, Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Untuk itulah, Ia berharap ada kebijaka Pemerintah daerah agar peternak ayam bisa mendapatkan pakan ternak dengan harga terjangkau sehingga kesejahteraan peternak dapat meningkat dan peternak bisa lebih maju. Selain itu, Ia juga minta agar pihak Bank di Kabupaten Biak Numfor melalui program KUR dapat memberi perhatian serius kepada pelaku usaha orang asli Papua untuk mengembangkan usahanya sejajar dengan para pelaku UMK lainnya,” harapnya.(Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *