Dilepas, 100 Tenaga Kontrak Kesehatan di Tempatkan  di 80 Kampung Dan 10 Distrik  

oleh -246 views
Kadis Kesehatan Yapen saat berphoto bersama dengan 100 tenaga kontrak kesehatan sesaat akan dilepaskan untuk bekerja. ( Foto. Andre)

Kilaspapua, Yapen- Sebanyak,100 orang tenaga kontrak kesehatan yang direkrut untuk ditugaskan dalam program pelayanan kesehatan pantai di Wilayah terpencil dan sangat terpencil di Kepulauan Yapen yang secara resmi dilepas oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam laporan Kepala dinas Kesehatan Kepulauan Yapen, Karolis Tanawani, SKM, MPH  kepada wartawan maksud dari, kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman serta pengenalan terhadap sistem pelayanan dan manajemen kesehatan baik di tingkat Puskesmas, Puskesmas Pembantu,  Kampung dan daerah sangat terpencil.

“ Pembekalan kali ini di lakukan untuk lebih mengutamakan pemahaman terhadap tenaga kontrak dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang ditekankan pada aspek preventif dan promotif tanpa mengabaikan aspek kuratif,”katanya, kamis (5/3/2020).

Dia menjelaskan bahwa, dengan adanya pembekalan bagi rekrutan tenaga kesehatan kali ini, dapat lebih kuat dan mampu melakukan kegiatan pelayanan dan memahami manajemen pelayanan kesehatan baik, di Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu.

Lanjutnya, untuk jumlah tenaga yang dikontrak sekitar  100 orang yang terdiri dari, perawat berjumlah 69 orang, bidan berjumlah 14 orang,  tenaga Gizi berjumlah 4 orang ,tenaga analis kesehatan berjumlah 4 orang,  Farmasi berjumlah 8 orang dan tenaga kesehatan lingkungan berjumlah 1 orang yang akan di tempatkan di 80 kampung yang tersebar di 10 distrik di Kepulauan Yapen.

“perekrutan tenaga kontrak ini kita lakukan bersumber dari dana otsus .Oleh sebab itu dalam implementasinya kami melakukan perekrutan ini,  kita menekankan pada perekrutan 80% itu adalah orang asli Papua, atau tenaga kesehatan yang berasal dari orang asli Papua itu ada 80% sementara 20% itu adalah kita rekrut dari tenaga kesehatan orang non Papua.  ini sesuai dengan amanat otsus Dan itu telah kita laksanakan.” ungkap nya.

Masih katanya, para tenaga kontrak kesehatan ini juga akan diakomodir oleh dinas kesehatan pada BPJS agar mendapatkan jaminan kesehatan nanti. Sementara itu, ketika membuka pembekalan  tenaga kontrak kesehatan, Pemerintah daerah Kepulauan Yapen yang diwakili oleh, Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Kesra, Gokman Simbolon, SH mengingatkan kembali agar para tenaga kesehatan agar mencintai profesinya, sehingga dapat melaksanakan dengan penuh tanggung jawab di tempat tugasnya,” katanya ( Andre)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *