Kasdam XVII/Cenderawasih Hadiri Silaturahmi Pemuda Papua

oleh -70 views
Kasdam XVII/Cenderawasih saat menyampaikan sambutan diacara silaturahmi pemuda Papua satu di Kafe D’Sante.(Foto. Pendam XVII/Cenderawasih)

Kilaspapua, Jayapura- Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E. menghadiri silaturahmi Pemuda Papua Satu yang dihadiri 1.500 orang di Cafe D’Sante, Jln. Abe-Holtekamp, Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (29/10/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya mengatakan, Kegiatan Silahturahmi Pemuda Papua Satu dengan tema “Jadikan Papua rumah kita bersama bagi seluruh Elemen Pemuda di Papua untuk mewujudkan Papua Damai dan Sejahtera”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Korem 172/PWY yang bertujuan untuk menyatukan persepsi dan menjadikan pemuda Papua sebagai generasi yang mencintai bangsa dan negaranya”, jelas Kapendam.

Sementara itu, Kasdam XVII/Cenderawaih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E. saat memberikan sambutan menyampaikan kegiatan tersebut terselenggara karena peran dan kerja keras dari para pemuda, karena semua yang hadir adalah pemuda harapan bangsa.

“Kami harus berfikir bagaimana Tanah Papua ini bisa maju dan sejajar dengan Provinsi lain”, pungkas Kasdam XVII/Cenderawasih.

“Kegiatan ini adalah awal untuk membuat Papua jadi lebih maju, damai dan sejahtera. Mari kita bersama-sama membangun Papua. Para pemuda kiranya dapat mensosialisasikan perannya kepada orang-orang tua untuk pembangunan.”

“Mari kita bersama untuk bekerja dan berkarya yang berguna dan bermanfaat bagi semua orang dan ingat kami adalah pemuda harapan bangsa”, jelas Kasdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, S.H., S.E., M.M juga mengatakan hadir bersama dengan Ormas, Mahasiswa, Pemuda dan Paguyuban yang ada di Papua, dengan harapan adanya wadah untuk mewadahi seluruh Pemuda Papua dari beberapa komponen dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Kita berharap dapat memaknainya dengan bijak dan menerapkannya di dalam kehidupan kita masing-masing bagaimana kita menjaga marwah persatuan dan kesatuan dari keberagaman di NKRI”, kata Danrem 172/PWY.

“Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua akan siap membantu segala kesulitan masyarakat dan apabila nanti ada yang akan mengganggu Papua kami akan menutup pintu serapat-rapatnya”, tambah Danrem.

Selanjutnya Dr. Frans Pekey, M.Si Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, mengharapkan dengan momen peringatan Sumpah Pemuda, maka harus maknai dengan baik.

“Kita harus terapkan di kehidupan kita sehari-hari. Khusus kepada Pemuda Papua saat ini kita menghadapi situasi yang susah karena kita ketahui bersama di Papua sering terjadi adanya Dis Informasi juga masih banyak pemuda yang terpengaruh dengan adanya isu-isu yang berkembang. Untuk itu kami sangat berharap kepada para Pemuda Papua agar lebih bijak dan menyiapkan diri lebih baik, kerjakan pekerjaan yang sesuai dengan porsi dan bagian kita. Jadilah pemuda yang Humanis, Agamis dan Nasionalis”, jelasnya.

Selain itu dalam ceramah Ketua II PGGP oleh Pdt. Metusaleh P.A. Maury, S.Th beliau menyampaikan perlu dipahami dan diketahui bahwa ada  hidup karena ada Tuhan, Indonesia ada, Papua ada, Dunia ada karena Tuhan, kejadian 1 ayat satu yaitu Allah menciptakan langit dan bumi.

“Pemuda anak bangsa harus tahu itu, mari kita hidup sama-sama karena ada Tuhan. Pemuda harus menghormati orang tua yaitu bapak dan mama yang telah melahirkan kita ke dunia agar umur di perpanjangkan di tanah yang diberikan kepadamu.”

“Pemuda-pemudi Indonesia harus patuh kepada Negara Republik Indonesia, Firman Tuhan berkata bahwa hai umat Tuhan patuhilah pemerintah dimana kamu berada”, ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *