Lakukan penyuluhan ke masyarakat, Satgas Pamtas jelaskan tata cara bercocok tanam pembuatan toge  

oleh -51 views
Personil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ saat melakukan penyuluhan tata cara bercocok tanam pembuatan toge ke masyarakat.(Foto. Pendam XVII/Cenderawasih)

Kilaspapua, Jayapura- Sebagai upaya meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal bercocok tanam, Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ Pos Karubaga melakukan penyuluhan bercocok tanam tata cara pembuatan toge dari biji kacang hijau dirumah Kepala Suku Katanggeng Cikua, Jalan Ifar Gunung Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Sabtu (21/5/2022).

Kali ini Kopda Nopaldi personel Satgas Pamtas RI-PNG kewilayahan Yonif Raider 142/KJ Pos Karubaga menyampaikan tata cara pembuatan toge yang harus disiapkan yaitu 500 gram kacang hijau, wadah berlubang lubang, baskom, tissu dan air.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu cuci bersih kacang hijau lalu di rendam di baskom yang berisi air, rendam kacang hijau ini selama 24 jam, ganti air untuk merendam sebanyak 4 – 5 kali, kacang hijau yang sudah direndam, kemudian diletakkan di wadah yang berlubang lubang agar kacang hijau tidak tumpah pada wadah di beri alas tisu. Selanjutnya tutup wadah kacang hijau dengan kain bersih lalu etakkan di tempat yang lembab dan tidak terdapat sinar matahari langsung, dalam proses pertumbuhan agar di percikan air sehari sebanyak 3 kali setelah 2-3 hari toge siap dipanen.

“Saya yakin dan percaya masyarakat yang keseharian bertani serta bercocok tanam dapat menambah pengetahuan yang kita berikan ini,” pungkas Danposramil Kapten Inf Yulian Timur.

Sementara itu, Katanggeng Cikua Kepala Suku mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas TNI yang telah memberi pemahaman tentang bercocok tanam.

“Saya selaku Kepala Suku sangat senang mendapat tambahan pembelajaran masalah toge, terima kasih TNI,” jelasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *