85 Pekerja Kontruksi Ikuti Uji Sertifikasi Tenaga Kontruksi, Kadis PUPR Kabupaten Jayapura : Syarat Untuk Mendapatkan Pekerjaan  

oleh -417 views
Plt Kadis PUPR didampingi Kabalaib Kontruksi wilayah VII Jayapura berphoto dengan 85 peserta saat pembukaan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi jenjang 5,6 dan 7 .(Foto. Istimewa)

Kilaspapua, Sentani – Balai Jasa Kontruksi wilayah VII Jayapura menggelar uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi jenjang 5,6 dan 7 di Kabupaten Jayapura disalah satu hotel di Kota Sentani, Rabu (10/7/2024). Kegiatan itu diikuti 85 pekerja kontruksi dari berbagai daerah seperti, Sarmi, Keerom Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dengan jumlah terbanyak. Kepala Balai Jasa Kontruksi wilayah VII Jayapura, Chandra Permana turut menghadiri.

Plt Kadis PUPR Kabupaten Jayapura, Agus Salim Korwa, S.T, M.Si kepada wartawan mengatakan, uji sertifikasi ini diperuntukkan kepada 3 jenjang yakni 5,6 dan 7.

“ Kalau jenjang 5 untuk pelaksana lapangan pekerjaan jalan madya kemudian jenjang 6 untuk pelaksana pemeliharaan jalan dan manajer, pelaksana lapangan pekerjaan gedung dan jenjang 7 untuk ahli muda teknik jalan dengan ahli muda teknik jembatan serta ahli muda teknik bangunan  gedung ,” katanya.

Ia mengungkapkan, kegiatan akan berlangsung selama 2 hari. Dari tanggal 10-11 Juli 2024. “ Tadi sudah pembukaan dan besok penutupan kegiatannya ,” ungkapnya.

Untuk pemateri, Ia menjelaskan,  dari assessor konsultan salah satunya pembina jasa kontruksi ahli madya, Paula M. D. Herewilla S.T., M. Eng.

“ Jadi mereka diminta membantu sebagai pemateri dengan memberikan contoh-contoh dan pengalaman kasus. Jadi mereka langsung terlibat artinya sudah biasa dilapangan sehingga ketika ada kasus-kasus langsung dimunculkan di kegiatan tersebut ,” jelasnya.

Peserta yang ikut kegiatan ini, sambungnya akan mendapatkan sertifikasi sesuai dengan kelas yang diikuti.

“ Jadi yang memenuhi syarat dan kelulusan ini, itu sudah bisa dijamin bahwa dia sudah memiliki kemampuan untuk mengikuti pekerjaan baik diminta oleh konsultan, kontraktor. Dia bahkan bisa terlibat langsung dan itu merupakan suatu syarat untuk mendapatkan pekerjaan sebab telah diakui memiliki kompetensi ,” ujarnya.(Redaksi)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *