Dari penutupan Turnamen sepakbola Rantau Cup 2022, Bupati Mathius Bangga Ambil Bagian Pada Turnamen Rantau Cup 2022

oleh -56 views
Dari penutupan Turnamen sepakbola Rantau Cup 2022, Bupati Mathius Bangga Ambil Bagian Pada Turnamen Rantau Cup 2022.(Foto. RZR)

Kilaspapua, Jayapura – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., AIFO., secara resmi menutup Turnamen Sepakbola Rantau Cup 2022, setelah berlangsung sejak 16 Mei – 30 Juni 2022 di Lapangan Sepakbola Kayo Pulau Argapura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/06/2022).

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat menyampaikan sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam kelangsungan turnamen ini serta seluruh peserta yang menjaga sportifitas dan kekeluargaan dari berbagai keberagaman yang ada, yang kita bisa tunjukkan di dalam lapangan pertandingan.

“Ini unik dan menarik, Turnamen Rantau Cup, karena itu saya tertarik. Ini luar biasa, karena diselenggarakan oleh anak-anak muda Papua kreatif dari PS Kayo Pulau dan pesertanya adalah masyarakat perantau di Kota dan Kabupaten Jayapura sekitarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Mathius berharap kalau ada lokasi atau tanah yang sekarang dipakai untuk anak-anak berlatih kalau bisa tetap diamankan, untuk itu kepada pemilik hak ulayat, kepada masyarakat, tetap mengupayakan ada ruang terbuka untuk kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Saya pikir ini penting, ini luar biasa karena Papua identik dengan olahraga, seni dan budaya. Karena itu mudah-mudahan turnamen seperti ini terus dikembangkan. Jangan berharap semua oleh pemerintah, tapi berbagai pihak swasta, berbagai organisasi kita bisa selenggarakan sendiri,” ujar Bupati Mathius.

Salah satu keunikan turnamen ini karena menonjolkan keberagaman sesama masyarakat yang hidup di Papua. Terlebih, berlangsung di lapangan legendaris PS Kayo Pulau yang telah banyak menghadirkan nama besar insan sepakbola dari Tanah Papua.

“Papua itu sudah dikenal dengan sifat keberagaman, meneriman siapa saja, mengayomi siapa saja, itu ada di Tanah Papua. Keberagaman sudah menjadi budaya disini, kita bicara keberagaman, tidak boleh dipaksakan,” ungkap pria yang juga Ketua Askab PSSI Kabupaten Jayapura ini.

Terutama masyarakat Tabi, kata Kata Bupati, masyarakatnya mengayomi siapapun yang ada disini dan budaya ini yang kita terus bisa implementasikan di berbagai aktifitas, salah satunya sepakbola, ini asli anak-anak disini selenggarakan dengan cara mereka sendiri, karena mereka adalah anak-anak adat.

“Sangat luar biasa, karena keberagaman dipersatukan di lapangan ini,” tegas Bupati Mathius bangga.

Senada dengan itu, kolega Bupati Mathius yang juga Plt. Sekda Kabupaten Pegunungan Bintang, drg. Aloysius Giay menegaskan iven ini merupakan bukti keberagaman di Papua yang heterogen.

“Saya sebagai tokoh masyarakat dan juga sudah hidup dan mengabdi di Kota Jayapura dan kabupaten Jayapura ini memberi apresiasi kepada Bupati Jayapura, bapa Mathius Awoitauw tapi juga keluarga besar Kayo Pulau yang menjadi panitia disini,” ungkap mantan Direktur RSUD Jayapura ini.

Dirinya memberi apresiasi atas dukungan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, termasuk pihak swasta pendukung lainnya dan juga Partai NasDem Papua

“Jangan dipolitisir, karena kegiatan-kegiatan iven ini penting. Karena hidup kita ini penting untuk menjaga harmonisasi, sebuah kebersamaan yang akan membuat kita nyaman dan damai antara sesama,” ujarnya.

Aloysius juga merasa bangga menjadi bagian dari Kota Jayapura, atas terselenggaranya iven ini dan berharap di waktu-waktu selanjutnya bisa diperluas lagi dengan melibatkan tim asli anak Papua, sehingga ada keberagaman dan kebersamaan yang terjalin.

“Seperti juga tadi bapa Bupati sampaikan, Papua itu masyarakatnya hidup heterogen, dalam keberagaman. Ini yang harus kita jaga baik kedepannya. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, Tuhan memberkati, “ pungkasnya di akhir wawancara.

Turnamen Rantau Cup 2022 merupakan iven sepakbola yang khusus diikuti oleh warga perantauan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan sekitarnya. Turnamen ini diikuti 27 tim, dimana pada partai final mempertemukan tim Tsubasa FC versus Hamadi Tanjung FC yang berakhir untuk kemenangan Tim Tsubasa FC dengan skor 4 – 1 melalui drama adu tendangan pinalti.

Berikut, Hasil Lengkap Turnamen Rantau Cup 2022:

Juara I : Tsubasa FC (trophy dan uang pembinaan Rp15 juta)

Juara II : Hamadi Tanjung FC (trophy dan uang pembinaan Rp10 juta)

Juara III : Ikemal FC (trophy dan uang pembinaan Rp7 juta)

Juara IV : Cartenz FC (trophy dan uang pembinaan Rp5 juta). Pemain Terbaik: Yali (Hamadi Tanjung FC), Top Score: Syamsudin (Malimpung FC), Kiper Terbaik: Yusi (Tsubasa FC). Kepada masing-masing peraih gelar terbaik berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp500 ribu. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *