Ikuti Pra Penas 2022 di Maros, Delegasi KTNA Kabupaten Jayapura siap tampilkan produk unggulan khas Papua  

oleh -108 views
Wabup Giri berphoto bersama dengan delegasi KTNA Kabupaten Jayapura yang akan mengikuti Pra Penas 2022 di Maros.(Foto. RZR)

Kilaspapua, Sentani- Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro melepas Tim Delegasi Pra-PENAS (Pekan Nasional) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jayapura, yang mengikuti Pra-PENAS 2022 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, tanggal 24 – 27 Juni 2022.

Acara pelepasan Tim Delegasi Pra-PENAS KTNA Kabupaten Jayapura oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, berlangsung di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Selasa (21/06/2022).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, Ketua KTNA Kabupaten Jayapura Adolof Yokhu dan Ketua Tim Delegasi Pra-PENAS Kabupaten Jayapura Rudy A. Saragih.

Dalam sambutannya, Wabup Giri menyebutkan jika berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, bahwa Kabupaten Jayapura dalam mengikuti Penas maupun Pra-PENAS KTNA, baik tingkat provinsi maupun di tingkat nasional selalu mendapat prestasi yang membanggakan.

Sehingga berdasarkan pengalaman tersebut, dirinya sangat optimis kalau Delegasi Pra-PENAS KTNA Kabupaten Jayapura di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan akan kembali mengukir kembali mendapatkan hasil yang baik

“Kami berharap supaya, setiap anggota KTNA Kabupaten Jayapura yang masuk dalam delegasi ini dapat menunjukan keahlian dan ketrampilannya pada bidang masing-masing dengan baik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua KTNA Kabupaten Jayupura, Adolf Yokhu mengharapkan agar peserta utama yakni para petani dan nelayan dalam momen Pra-PENAS ini dapat memahami inovasi di era digital karena hampir di semua bidang garapan kini menggunakan teknologi baru.

Dikatakan, dengan memahami teknologi baru lewat Pra-PENAS, selanjutnya para KTNA kembali ke bidang masing-masing dan menerapkan semua pengetahuan yang didapat, agar bidang usaha garapan menjadi maju dan menghasilkan produk yang bermutu dan dalam jumlah yang banyak.

lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura ini menegaskan, secara keseluruhan persiapan KTNA Kabupaten Jayapura telah matang, tinggal menunggu tanggal keberangkatan ke Maros, Sulawesi Selatan.

Dirinya menambahkan, produk ungggulan yang akan ditampilkan oleh delegasi Kabupaten Jayapura pada Pra-PENAS 2022 Maros, diantaranya es krim yang berbahan dasar sagu, minyak buah merah, krupuk dan bakso yang berbahan dasar ikan, mie berbahan dasar sagu serta sejumlah produk unggulan lainya yang dimiliki oleh Kabupaten Jayapura.

“Juga dari bidang perkebunan seperti, bubuk coklat tetapi juga dari bidang tanaman pangan seperti olahan buah merah. Selain menampilkan produk-produk unggulan daerah, peserta juga akan dibawa untuk melihat perkembangan atau kemajuan teknologi di bidang masing-masing,” ungkap Ketua KTNA Kabupaten Jayapura Adolof Yokhu.

Sementara itu, Ketua Tim Delegasi Pra-PENAS KTNA Kabupaten Jayapura, Rudy A. Saragih dalam laporannya menyebutkan, peserta yang akan mengikuti Pra-PENAS adalah sebanyak 68 0rang yang terdiri dari, pelindung penanggungjawab 6 orang, peninjau Kepala OPD/BUMD sebanyak 12 orang, pendamping/PPL sebanyak 5 orang dan pelaku utama petani/nelayan/UMKM sebanyak 42 orang.

Rudy Saragih menjelaskan, jenis kegiatan yang akan diikuti diantaranya, Rembug Nasional KTNA, Temu Profesi Penyuluh Pertanian Nasional, Seminar Ketrampilan bagi pelaku utama, dan yang terkahir adalah mengikuti pameran.

“Kalau pembiayaan dibebankan kepada DPA masing-masing OPD terkait, juga ada bantuan Pemerintah Kabupaten Jayapura dan bantuan-bantuan lain yang sah,” pungkas pria yang kesehariannya menjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura ini.

Pada Pra-PENAS 2022 di Maros ini, Tim Delegasi KTNA Kabupaten Jayapura berangkat dengan kekuatan 68 orang, baik sebagai peserta utama, peserta pendamping serta peserta peninjau.

Pra-PENAS 2022 Maros merupakan iven pemanasan sebelum menuju PENAS KTNA XVI Tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *