Siapkan konsumsi ikan di Kongres KMAN VI, DKP Kabupaten Jayapura sebar 200 ribu benih ikan di Keramba Danau Sentani

oleh -25 views
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Rudi Saragih.(Foto.Tinus)

Kilaspapua, Sentani- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura telah menyiapkan konsumsi ikan pada pelaksanaan Kongres Masyaralat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI.  Guna mewujudkannya, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura akan menebarkan benih ikan di sejumlah keramba yang ada di seputaran danau Sentani sebanyak 200 ribu.

“Untuk perayaan ini kami dari kelautan dan perikanan bertanggung jawab menyiapkan konsumsi ikan. Oleh karena itu sebelumnya kami sudah mulai menebarkan benih ikan di keramba-keramba yang berada di seputaran danau Sentani,” ucap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Rudi Saragih saat ditemui wartawan di ruang kerjanya. Selasa (21/6/2022).

Menurutnya, pihaknya sudah memulai penebarannya dari kampung Yokiwa yang rencananya akan menuju ke kampung Babrongko.

“Sejauh ini baru 30 ribu benih ikan yang sudah kami sebarkan, dan itu mulai dari Puay, kampung Yokiwa. Tak hanya itu untuk pakan juga kami akan dukung,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, ikan yang disebar diyakini akan cepat besar. Oleh karena itu pihaknya mulai penebaran benih ikan dari bulan Juni agar di akhir bulan September atau awal bulan Oktober sudah bisa panen.

“Ikan yang sudah kami tebarkan ini kita target awal bulan Oktober sudah bisa panen. Agar pada pelaksanaan KMAN sudah bisa dikonsumsi oleh para peserta Kongres,” jelasnya.

Rudi mengungkapkan, pihaknya juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat berupa keramba jaring apung sebanyak enam puluh unit, yang dilengkapi dengan benih dan pakan.

“Jadi sebenarnya dukungan ini untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayapura, hanya saja bertepatan pada KMAN maka kami manfaatkan bantuan ini untuk KMAN,” ucapnya.(Tinus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *