Gawat, Empat Pasien di Kota Jayapura Positif Corona

oleh -265 views
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silvanus Sumule menunjukan daftar perkembangan corona. (istimewa)

Kilaspapua, Jayapura – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Papua mengumumkan penambahan empat pasien positif virus corona, pada Kamis (26/3/2020). Keempat pasien positif itu, kini dalam perawatan di Rumah Sakit di Kota Jayapura.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silvanus Sumule kepada wartawan membenarkan kabar tersebut. Dia pun mengaku khawatir dengan trend pasien positif yang menunjukan peningkatan 100 persen.

Keempat pasien  positif corona tengah dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Jayapura dalam kondisi sakit ringan dan sedang.  “Ini yang membuat khawatir kita hari ini, ada 7 pasien postif (Covid-19), penambahan empat orang di Kota Jayapura dan sebelumnya 3 orang di Merauke,” kata Silvanus, Kamis malam (26/3/2020) .

Berdasarkan data, papar Silvanus, 38 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua dan 820 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) negatif Covid-19 berjumlah 28 orang.

“Tapi ada hal yang buat kami tenang, dari sampel yang kita kirim untuk pemeriksaan, 28 orang hasilnya negatif. Ini buat kami semangat terus untuk bekerja. Walaupun kita lihat trend kenaikan jumlah yang positif 100 persen,” katanya.

Saat ini, sambung Silvanus, Tim Satgas Covid-19 tengah melacak 820 ODP di Papua. Dia juga meminta para ODP ini tetap tinggal di rumah dan melakukan isolasi mandiri guna menghindari penyebaran virus mematikan ini.

“Sekali lagi yang kita masukan dalam ODP ini adalah namanya jelas, nomor teleponnya jelas, alamatnya jelas,” tegasnya.

Silvanus mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas tambahan, serta segera mengunjungi pusat kesehatan masyarakat jika ada keluhan. Dia pun meminta masyarakat menjalankan imbauan pemerintah maupun protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Isolasi mandiri di rumah, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Itu sangat penting,” tegasnya.(muslih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *