Semarakkan Haornas 2023, Dispora Kabupaten Jayapura Gelar Lomba Tarik Tambang Tingkat SMA/SMK  

oleh -1.197 views
Lomba tarik tambang tingkat SMASMK saat sedang berlangsung sebagai bentuk menyemarakkan Haornas ke-40 tahun 2023 di Lapangan sepak bola SBY Sentani.

Kilaspapua, Sentani- Dinas Pemuda dan Olahraga,(Dispora) Kabupaten Jayapura menggelar lomba tarik tambang tingkat SMA/SMK Se- Kabupaten Jayapura di peringatan Hari Olahraga Nasional,(Haornas) ke-40 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 9 September 2023.

Lomba tarik tambang tersebut telah dilakukan dengan mempertandingkan 10 SMA/SMK Se- Kabupaten Jayapura dilapangan sepak bola Stadion Barnabas Youwe,(SBY) Sentani, Jumat (8/9/2023).

Ketua panitia lomba tarik tambang tingkat SMA/SMK, Anthonius Sesa kepada wartawan menyatakan, peserta lomba berjumlah 140 pelajar dari 10 sekolah SMA/SMK sederajat Se- Kabupaten Jayapura yang terdiri dari 5 siswi dan 5 siswa.

“ Ini dipilih karena, lomba tarik tambang merupakan salah satu olahraga rekreasi tradisional yang telah beberapa kali ikut diselengarakan dievent-event tingkat nasional sehingga Pemerintah daerah berupaya melestarikan sekaligus mengangkat olahraga tersebut,” katanya.

Untuk itulah, Dispora Kabupaten Jayapura menggelar lomba tarik tambang ini sebagai bentuk konsisten terhadap olahraga rekreasi tradisional tersebut. Tentunya akan ada sejumlah para juara di lomba tersebut.

“ Selama ini anak-anak muda lebih banyak menyenangi olahraga sepak bola ketimbang olahraga tarik tambang, padahal olahraga ini juga telah dilakukan disejumlah event-event tingkat nasional ,” ucapnya yang juga menjabat Sekretaris Dispora Kabupaten Jayapura.

Ia menambahkan, puncak acara akan dilakukan besok, Sabtu red tanggal 9 September 2023 dengan disi kegiatan jalan santai bersama elemen masyarakat dengan rute dimulai dari Lapangan Theis Sentani dan finish di SBY kemudian dilanjutkan olahraga senam bersama dan kemeriahan doorprize berhadiah,” tambahnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, Elvina Situmorang mengungkapkan, peringatan Haornas merupakan momentum bagi Pemerintah daerah akan pentingnya olahraga didalam kehidupan, jika perlu menjadi nomor satu dikehidupan sehari-hari.

“ Dalam jiwa yang bugar dan sehat, pastinya itu akan mendukung setiap kreativitas di pekerjaan sehari-hari terlebih bagi para pelajar SMA/SMK sederajat se- Kabupaten Jayapura ,” ungkapnya.

Menurutnya, lomba tarik tambang ini dilaksanakan sebagai langkah bagi Pemerintah untuk kembali menggalakkannya sebab termasuk juga olahraga yang sangat penting.

“ Kadang-kadang orang memikirkan rohani dengan kebutuhan lainnya merupakan hal yang penting namun jasmani seharusnya juga lebih penting. Untuk itulah, setidaknya olahraga tradisional ini terus dilakukan disetiap sekolah sebagai bentuk dilakukannya pembinaan sehingga ditemukan sejumlah atlet pada olahraga ini ,” ujarnya.(Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *