Pertama Sekali, Disnakertrans Kabupaten Jayapura Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin Kepada 20 Perempuan Asli Papua

oleh -440 views
Sekda Hana Hikoyabi didampingi Kadisnakertrans Kabupaten Jayapura dan instruktur serta 20 peserta berphoto bersama  setelah membuka pelatihan tata rias pengantin.

Kilaspapua, Sentani –  20 perempuan asli Papua dari 4 distrik yakni, Sentani Timur, Ebungfauw, Waibhu dan Sentani Barat mengikuti pelatihan tata rias pengantin yang digelar Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Jayapura disalah satu hotel di Kota Sentani, Kamis (4/7/2024).

Kepala Dinas tenaga kerja dan transmigrasi,(Disnakertrans) Kabupaten Jayapura, Essau Awoitauw  kepada wartawan mengatakan, Terselenggaranya pelatihan ini menggunakan dana Otsus senilai Rp 400 juta. Ini kegiatan pertama yang bersumber dana tersebut.

“ Pelatihan seperti ini memang tidak pernah ada di Kabupaten Jayapura. Makanya, kita insiatif untuk menggelar pelatihan ini sebab yang pertama ,” katanya.

Pelatihan ini, sambung dia dibagi didalam dua bagian yakni, pertama tata rias wajah dan kedua pelatihan rambut dengan instruktur Widi salon.

“ Peserta yang ikut merupakan perempuan asli Papua yang memang menggeluti pekerjaan salon rumahan sebab dana yang digunakan bersumber dari dana Otsus . Kita membina mereka agar memiliki keahlian lebih maka itu diharapkan kegiatan ini diikuti dengan serius mengingat waktu pelaksanaan juga cukup lama yakni 5 hari ,” ujarnya.

Sementara, Sekda Jayapura, Hana Hikoyabi mengharapkan setelah pelatihan ini diminta kepada perempuan asli Papua untuk terus mengembangkannya sebab ini bermanfaat untuk menambah keterampilan dan pengetahuan walaupun sudah ada keterampilan dasar untuk menata wajah, tata rias pengantin serta menata rambut.

“ Tak dipungkiri di Kabupaten Jayapura sudah banyak ditemui salon-salon umum tetapi salon khusus perlu didukung untuk perempuan OAP yang ada di kampung dan distrik sehingga mereka bisa mengembangkannya menjadi keterampilan usaha baru ditempat tinggal mereka masing-masing ,” harapnya.(Redaksi)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *