Hasil UKK Jayapura Emas Tahap II, Theodorus Yaung Menempati Urutan Pertama

oleh -647 views
Ketua Analisis Papua Strategis,(APS) Laus Deo Calvin Rumayom didampingi tim panitia Bakal Calon Wakil Bupati,(Bacawabup) Jayapura emas Jhon Manangsang Wally,(JMW) kepada pers.

Kilaspapua, Sentani – Analisis Papua Strategis (APS) mengumumkan hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) atau Fit And Proper Test tahap II yang diikuti 3 Bakal Calon Wakil Bupati,(Bacawabup) Jayapura masing-masing bernama, Isak Tukayo ,Frans Kafiar, dan Theodorus Yaung yang digelar oleh Tim Sukses,(Timses) Jayapura emas bekerjasama dengan Analisis Papua Strategis (APS) pada hari selasa tanggal 2 Juli 2024.

Untuk urutan pertama ditempati Theodorus Yaung ditempat ke-2 atas nama, Isak Tukayo lalu ketiga ditempat Frans Kafiar . Dengan demikian ditambahkan seleksi hasil tahap I sehingga ada 4 bakal calon wakil Bupati yang memiliki kompetensi sangat kredibel dan itu bernama, Daniel Mebri, Korneles Yanuaring lalu seleksi tahap II atas nama Theodorus Yaung dan Isak Tukayo ,” kata Ketua Analisis Papua Strategis,(APS) Laus Deo Calvin Rumayom didampingi tim panitia Bakal Calon Wakil Bupati,(Bacawabup) Jayapura emas Jhon Manangsang Wally,(JMW) kepada pers disalah satu resto di Sentani, Jumat (5/7/2024).

Laus mengungkapkan, 4 bacawabup tersebutlah yang akan diserahkan kepada tim panitia Bakal Calon Wakil Bupati,(Bacawabup) Jayapura emas Jhon Manangsang Wally,(JMW) untuk memutuskan sesuai dengan hasil yang ditetapkan berdasarkan urutan.

“ Kita tetapkan dua ditahap pertama dan dua ditahap kedua. Jadi ada 4 terbaik bacawabup yang akan diputuskan oleh Bacabup Jhon Manangsang bersama timnya ,” ungkapnya.

Laus juga pertegaskan bahwa, tahap ke-2 ini merupakan terakhir sebab tidak ada waktu lagi. “ Kemarin setelah pengumuman dibuka ditahap II banyak  yang mendaftar tetapi yang mengikuti fit and proper test hanya 3 orang saja ,” tegasnya.

Satu Dari Dua Nama Teratas Ditentukan

Sementara, Bakal Calon Bupati,(Bacabup) Jayapura emas, Jhon Manangsang Wally menyebutkan bahwa, dari hasil fit and proper test tahap 1 , Daniel  Mebri menempati pertama kedua ditempati Korneles Yanuaring sedangkan ditahap II ditempati Theodorus Yaung ke-2 ditempati Isak Tukayo.

“ Dari 4 nama itu tim pemenang atau panitia akan menyeleksi secara cepat. Kita akan berembuk kira-kira siapa yang terbaik dari 4 besar ini ,” sebutnya.

Bakal Calon Bupati,(Bacabup) Jayapura emas, Jhon Manangsang Wally

Secara umum, sambungnya dari yang diikuti 6 kandidat ini merupakan orang yang luar biasa. Semua bagus dengan intelektual yang cukup, memahami dan memiliki suatu komitmen yang bagus.

“ Jadi tidak ada yang tidak bagus semua bagus hanya ini kita mencoba untuk melempar suatu kepada lembaga independent dengan mengedepankan nilai-nilai akademisi seperti tinjuan dari sudut akademisi sehingga ini juga menjadi dasar bagi kami untuk mempertimbangkannya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, nanti penentunya akan dilihat yang paling memungkinkan untuk bisa memenangkan pertandingan .

“ Karena inikan, kita belum jadi apa-apa. Belum jadi Pemerintah sehingga kita tidak terlalu banyak bicara tentang konsep, dan program dari kosong II tetapi bagaimana kehadirannya akan memberikan pembobotan untuk pemenangan. Disitu jadi pertimbangan kami dari aspek politik ,” jelasnya.

Kalau dilihat dari 4 nama, sambung Jhon secara politis kita akan dapat dua nama teratas. Berarti penilaian kami disini sudah hampir sama dengan penilaian akademisi bahwa kita sepakat untuk memilih satu nama dari dua yang teratas .

“ Yang menarik dua-dua dari lembah Grime , dan itu bernama, Daniel Mebri dan Theodorus Yaung. Mudah-mudahan besok sudah muncul satu nama ,” ucapnya.(Redaksi)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *