Dua Atlet Kabupaten Jayapura ditunjuk Bawa Api PON

oleh -295 views
Koordinator Bidang Upacara Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Eqberth C. Kopeuw, M. Pd .(Foto. Humas PB PON )

Kilaspapua, Sentani- Kirab api PON menjadi salah satu bagian terpenting dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional. Prosesi kirab api PON ini, juga akan dilaksanakan sebelum penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan dibuka pada Oktober tahun ini.

Koordinator bidang upacara sub Cluster Kabupaten Jayapura,  Drs. Eqberth C. Kopeuw, M.Pd menjelaskan untuk kirab api PON yang akan dilaksanakan di sub PB PON  Cluster Kabupaten Jayapura, dipercayakan kepada dua atlet asal kabupaten Jayapura.

“Dari panitia sudah percayakan dua atlet asal kabupaten Jayapura, yang akan membawakannya dalam prosesi kirab api Pon itu,”kata Eqberth C. Kopeuw, Sabtu, (18/9/2021).

Dua atlet ini yakni, mantan atlet bola voli nasional asal kabupaten Jayapura yang pernah berkiprah di SEA Games dan berhasil merebut emas pada tahun 1983, yakni Kartika Monim. Dia juga pernah mewakili Papua dalam kegiatan Pon selama tiga kali PON. Selanjutnya salah satu atlet yang mewakili generasi sekarang, yang merupakan atlet dayung dari kabupaten Jayapura,  Erni Sokoi.

“Dari IO dan PB PON juga masukan Rully Nere, ” ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai jadwalnya kirab api PON di Cluster Kabupaten Jayapura ini akan dilaksanakan mulai pada tanggal 2 oktober 2021. Rute yang akan dilalui dimulai dari Pantai Patouw, Distrik Waibhu dan akan diarakan sampai tiba di pantai kalkote distrik Sentani Timur, dengan melalui wilayah danau Sentani, dibagian Barat Wilayah Waibhu, Sentani bagian tengah dan Sentani Timur.

“Sebelum dikirabkan  di danau sentani, obor Api PON ini terlebih dahulu akan darakkan ke kota Jayapura mulai tanggal 1 Oktober sesaat tiba di bandara Sentani. Tiba di bandara Sentani pada tanggal 1 Oktober,   jam 8 pagi. Kita disini ketua sub PB pon  Kabupaten Jayapura akan menerima,  kemudian langsung di arak  ke kota Jayapura.  Di kota Jayapura selama 6 sampai 7 jam itu,  akan diiringi dengan kegiatan Festival.  Sore harinya pada tanggal 1 Oktober akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Jayapura,  tepatnya di batas kota lapangan Telaga Maya, ” jelasnya. (Tumbur Gultom).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *