Berkunjung Ke Waropen, Pj Gubernur Papua Tatap Muka Dengan Jajaran Pemerintah Daerah Dan Masyarakat

oleh -1.208 views
Suasana Tatap Muka Pj. Gubernur Papua bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Waropen dan segenap Elemen Masyarakat.(Foto. Rich)

Kilaspapua, Waropen- Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun melakukan tatap muka dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Waropen dan segenap elemen masyarakat. Acara ini  dilaksakan di Pantai Sarafambai Distrik Waropen Bawah, Jumat (20/10/2023).

Sebelum melakukan pertemuan tatap muka, PJ Gubernur Ridwan Rumasukun bersama ketua PKK Papua meninjau secara langsung pameran UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Waropen di seputaran lokasi pantai Sarafambai didampingi Bupati dan Wakil Bupati Waropen.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Waropen Yermias Bisai satu persatu memperkenalkan para tamu yang hadir yakni Plh Sekda Prov. Papua Derek Hegemur, Anggota DPRP Papua Boy M. Dawir., serta staf ahli dan  kepala OPD provinsi Papua.

Dalam laporan Bupati Yermias Bisai, SH Bupati Waropen dalam laporannya menyebutkan untuk angka stunting di kabupaten Waropen tahun 2022 berada di angka 68 atau (26%) namun diakhir tahun sudah berada di angka 59 (22%) hingga saat ini . Dan mengentaskan stunting ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi, SE bersama OPD terkait dan elemen masyarakat.

Sedangkan untuk inflasi atau kemiskinan ekstrim bahwa sejak tahun 2016 pemerintah waropen telah membuat satu program yang bersumber dari dana Otsus yaitu Gerakan Pemberantasan Kemiskinan Masyarakat Waropen (GEPEKESMAWAR).

“Di Kabupaten Waropen kita sudah melakukan tindakan pencegahan itu, dan itu cukup berhasil menekan angka kemiskinan,ekstrim, stunting dan inflasi penurunannya terlihat di angka statistik, dan program ini pun sudah menjadi visi misi kami yang  tertuang di RPMJD kabupaten Waropen” ungkap Bupati Yermias.

Lantas pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan permintaan kepada PJ Gubenur agar Kapal Putih dapat hadir di Waropen untuk memenuhi kerinduan masyarakat waropen.

“Saya mengatas namakan masyarakat sebelum akhir masa jabatan saya, kapal putih bisa masuk di Waropen , adanya pasar mama Papua dan apabila memungkinkan adanya pelebaran bandara di Botawa,” tandasnya.

Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun mengapresiasi penyambutan yang dilakukan pemerintah kabupaten Waropen, sambutan ini dinilai sangat luarbiasa dan spektakuler karena dirangkai dengan kegiatan UMKM. Dia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung guna meningkatkan ekonomi reel di tengah masyarakat.

“Hari ini merupakan hari yang luar biasa, kalau bisa kegiatan ini jalan terus sehingga ekonomi rill bisa bergerak apabila itu bisa ditrep secara baik,” ucapnya.

Lanjut Pj  Gubernur Ridwan menambahkan, penanganan angka stuting di Waropen sangat di apresiasi, karena ini menjadi landasan untuk generasi emas Indonesia.

“Untuk penanganan stunting, saya selaku Pj gubernur sangat mengapresiasi dan terimakasi yang tak terhingga karena ini program untuk menciptakan generasi emas 2045,” lanjutnya.

Dalam acara tatap muka tersebut, Pj Gubernur memberikan beberapa bantuan yang di kumpul dari OPD Provinsi Papua kepada pemerintah kabupaten waropen, serta menyerahkan bantuan dana hibah untuk kegiatan Sail Teluk Cendrawasih (STC) sebesar 2 milyar rupiah yang diterima langsung ketua panitia STC Waropen. ( Rich)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *