Lahir dari keluarga sederhana, Gasfer Ifan Imbiri dilantik sebagai Ketua DPRD Waropen, Ini kisahnya

oleh -82 views
Ketua DPRD kabupaten Waropen, Gasper Ifan Imbiri.(Foto. Rich)

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Waropen dijabat oleh Gasper Ifan Imbiri,SE yang sekaligus menjabat sebagai ketua DPC Partai Amanat Nasional.

Sosok pria yang kerab dipanggil Ifan Imbiri inipun awalnya tidak menduga kalau dirinya akan duduk sebagai Ketua Dewan Terhormat pada priode 2019-2024 , pasalnya kursi pimpinan dewan di DPRD Waropen ini cukup lama di depenitif kan sejak pelantikan di tahun 2019 Sebelum menduduki jabatan ketua DPRD Ifan menduduki jabatan sebagai wakil ketua Sementara. Lantas apa saja yang akan menjadi target Ifan Imbri dalam memimpin DPRD Waropen bersama Pemerintah daerah dimasa jabatannya ini ?

Berikut rangkuman biografi singkat Ketua DPRD Kabupaten Waropen , Gasfer Ifan Imbiri.

Oleh Rich Situmorang/ Kilaspapua.com

Bapak yang tengah menanti kelahiran anak keempatnya ini merupakan Orang Asli Papua yang lahir di wilayah Barat Waropen tepatnya di kampung Botawa Distrik Audate pada 21 Mei 1982 silam.

Dirinya merupakan anak ketiga dari delapan bersaudara ,Lahir  dari pasangan Pithein Imbiri dan Sarlota Saroi, Dia dibesarkan dari keluarga yang cukup sederhana dan terbatas kehidupan ekonominya sehingga dirinya hanya mengecap pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Botawa, Kemudian melanjutkan jenjang pendidikan tingkat SMP di Urfas dan SMK di Serui Kabupaten Kepulauan Yapen.

Menurut Ifan Imbiri  dalam bincang-bincangnya saat ditemui di kediamannya, Jumat (22/10/2021)  menceritakan, bahwa dirinya memiliki  perjalanan hidup panjang dan kelam karena  sempat menjadi seorang preman bahkan karena kenakalan yang pernah dibuatnya , Namanya  menjadi dikenal banyak orang.

Namun dirinya mengatakan dari kenakalan-kenakalan yang pernah diperbuatnya membentuk karakter dirinya untuk  mempunyai imajinasi dan keinginan sehingga mencoba masuk menggeluti dunia Kontraktor. Setelah masuk dunia Kontraktor suami Yuliana Warami ini kembali mempunyai keinginan dan niat untuk maju menjadi anggota dewan terhormat , Bak gayung bersambut pagelarannya  dipentas politik berjalan mulus dan keinginan menjadi anggota dewanpun dapat didudukinya  di periode 2014-2019.

Tidak berhenti disitu pria yang memiliki perawakan rambut panjang ini kembali memainkan perannya dipanggung politik pemilihan anggota legislatif serentak di tahun 2019 lalu , Maju mengunakan bendera partai berlambang matahari putih ,Ifan Imbiri lolos terpilih lagi di periode 2019-2024.

Untuk proses pelantikan dirinya selaku ketua DPRD Kabupaten Waropen yang telah dilangsungkan pada tanggal 21 Oktober kemarin , Ifan mengungkapkan hal itu merupakan  perjuangan panjang dan cukup melelahkan serta banyak mendapatkan tantangan dalam penantian SK Gubernur Papua karena harus menunggu waktu cukup lama hampir 1 tahun.

” Pelantikan saya sebagai ketua dewan sesungguhnya sebuah surprise  karena jika dilihat dari regulasi materi pelantikan harus disiapkan kurang lebih satu Minggu  karena ini paripurna istimewa tetapi ini  kesannya bagai sebuah mimpi ” katanya.

Dia menyebutkan proses pelantikannya pada  sidang paripurna  merupakan satu-satunya  paripurna yang luar biasa dan baru terjadi sepanjang terbentuknya kabupaten waropen karena digelar dengan cepat dan tidak mengalami masalah .

” Sidang Paripurnanya begitu adem dan membawa suasana nyaman karena pemerintah daerah dan legislatif konek tidak ada Imets kalau sidang itu mungkin karena ada paksaan atau indikkasi lain karena semua merindukan pelantikan ini sehingga cukup memuaskan” ucap Ifan.

Secara pribadi Ifan mengatakan  pelantikan dirinya bagaikan sebuah  mimpi karena tidak terbesit dalam benaknya sama sekali bahwa pelantikan itu akan terjadi jika melihat kebelakang saat perhelatan politik di kabupaten ini sebelumnya antara partai Demokrat dan PAN yang gesekannya cukup keras namun dengan kehadiran SK pelantikan pimpinan DPRD semua pihak legowo dan menerima.

” Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati karena beliau cukup legowo , optimis dan bahkan beliau mendesak percepat pelantikan jadi ini macam sebuah mimpi ” kata Ifan.

Sebagai ketua DPRD yang telah  masuk  dalam jajaran Forkompimda dan ikut bertanggung jawab atas nama daerah dan masyarakat waropen dalam pelaksanaan tugasnya kedepan  Ifan mengatakan akan tetap memegang dua slogan yang selalu dipegangnya yaitu bekerja dengan hati tulus dan mempunyai niat baik sebagai pemimpin dirinya tidak ingin membeda-bedakan antara satu dengan lain apalagi pertarungan poitik saat ini telah usai sehingga tidak perlu adalagi saling  gap-gap.

Selain itu Dia bertekad ingin selalu menjaga hubungan baik  legislatif dan pemerintah daerah  karena pemerintah daerah adalah mitra apalagi DPR mempunyai fungsi pengawasan dan kapasitas mengoreksi kinerja pemerintah daerah .

” Target saya jangan ada lagi  ego antara pemerintah daerah dan legislatif kita bekerja sama untuk waropen kedepan demi kesejahteraan masyarakat dan itu yang lebih penting ” ujar Imbiri.

Adanya sorotan dari masyarakat bahwa kinerja  anggota DPRD kabupaten waropen saat ini dinilai masih kurang , Ifan tidak menampik hal itu bahkan setelah menjabat pimpinan lembaga DPRD terhormat ini ia ingin menghidupkan fungsi alat kelengkapan dewan yang selama ini tidak dijalankan apalagi  komisi-komisi terkait  kurang aktif salah satu contohnya terkait hak-hak ASN seharusnya DPR berperan penting dalam hal ini untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

” Ini harusnya segera diidentifikasi jatuhnya dikomisi mana dan komisi yang membidangi harus berperan penting serta menuntaskan masalahnya ” cetus Ifan.

Untuk itu ia pun menargetkan pembenahan Alat kelengkapan dewan ini menjadi salah satu fokus dimasa kepemimpinanya bahkan  dirinya siap pasang badan untuk menghidupkan AKD ini kembali di DPRD Waropen.

” Ini menjadi target saya juga kalau saya tidak bisa  menghidupkan AKD ini berarti saya  tidak mampu sebagai ketua DPRD” pungkas Ifan Imbiri.

Pelaksanaan sidang Sinode ke-18 GKI di Tanah Papua tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Waropen juga menjadi konsentrasinya agar bersuksesi dengan baik.

“Jadi konsentrasi kami di DPR bahawa semua anggota akan satukan kekuatan untuk menyambut sidang Sinode di Waropen,” ujarnya lagi.

Menurutnya walaupun estimasi waktu sudah singkat namun dirinya menilai dengan beberapa bulan tersisa menuju hari H masih cukup efektif dari kajian yang sudah mereka lakukan di DPR.

“Dengan perhitungan kita waktu yang tersisa enam bulan itu cukup dan pemerintah daerah punya dana untuk itu” ungkapnya.

Suksesi sidang Sinode di Waropen menjadi sebuah ke harusan karena menjadi wajah kabupaten waropen maka itu DPRD akan Mendorong dan mendukung penuh pemerintah daerah.

“Kita tidak mau malu ketika tamu yang akan datang mempunyai kesan yang kurang bagus maka DPR akan mendorong dan mendukung pemerintah untuk mengefektifkan segala kesiapan persiapan sidang Sinode,” ucapnya.

Diakhir bincang-bincang nya, Gasfer Ifan Imbiri memohon doa dan dukungan dari semua pihak terkhusus masyarakat Waropen agar dalam menjalankan kepemimpinan di lembaga perwakilan rakyat itu dapat berjalan baik. {**}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *