Hadirkan Produk UMKM Unggulan di Festival 1000 Ombak, Anggur Khas Waropen Ludes Diincar Pengunjung

oleh -1.580 views
Tampak Pengunjung festival Negeri 1000 Ombak di Kabupaten Sarmi saat mendatangi stan pameran Pemda Kabupaten Waropen.(Foto. Rich)

Kilaspapua, Waropen,  Festival Negeri 1000 Ombak yang dilaksanakan di Kabupaten Sarmi, ramai di datangi kalangan masyarakat. Berbagai produk UMKM di jajakan dalam setiap stan pameran yang tersebar di lokasi wisata telaga Cemara Distrik Tor Sarmi. Stan Kabupaten Waropen pun menjadi perhatian para pengunjung dengan berbagai produk UMKM unggulan yang dipamerkan dalam stan tersebut.

Dalam pameran itu, produk anggur Soinia yang diproduksi UMKM Waropen terlihat sangat diminati pengunjung, bahkan kurun waktu dua hari selama pameran sudah ludes terjual.

Katarina Fonataba mengatakan, produk yang dijajakan pemerintah Kabupaten Waropen dalam stan adalah produk UMKM binaan dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian Kabupaten Waropen, seperti produk souvenir kerajinan tangan dan produk-produk  makanan dan dan minuman.

“Produk unggulan untuk souvenir itu adalah batik khas Waropen yang sudah ada rumah produksinya, dan sudah berjalan selama satu tahun dengan motif kas Waropen,” Katanya yang juga salah satu pegawai Dinas Pariwisata Waropen,  Kamis (21/9/2023)

” Ada juga souvenir tifa, tas, mahkota yang semuanya diproduksi sendiri oleh UMKM binaan Dinas Pariwisata Waropen,” katanya menambahkan.

Lanjut Katarina Fonataba mengungkapkan, untuk produk UMKM binaan Dinas Pertanian, Anggur Soinia sangat di incar para pengunjung, dimana produk ini dinilai sangat unik dan baik untuk dinikmati.

Anggur soinia sendiri berasal dari buah pohon soinia yang tumbuh diantara pohon bakau, kemudian diolah menjadi bahan minuman, menghasilkan minuman bercita rasa manis dan bersoda diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

“Yang paling diminati pengunjung dari UMKM binaan Dinas Pertanian adalah Anggur Soinia yang sudah habis terjual. Buah soinia sendiri sangat berguna bagi kesehatan  dan dia menekan gula darah serta kolesterol,” ungkap katerina.

Selain Anggur soinia, ada juga produk-produk makanan lain yang berbahan dasar sagu. Juga kemasan sambal  yang bercita rasa udang dan bia puni serta bubuk teh kauri yang berasal dari daun kauri dan teh ini merupakan teh herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. (Rich)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *