Ketua PKK Kabupaten Jayapura Sebutkan Pentingnya Pemeriksaan Rutin Kanker Serviks Bagi Ibu-Ibu

oleh -152 views
Ketua PKK Kabupaten Jayapura saat berbincang dengan salah seorang wanita dalam kegiatan pemeriksaan kanker serviks yang digelar DP2KB Kabupaten Jayapura.

Kilaspapua, Sentani- Dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana,(DP2KB) Kabupaten Jayapura menggelar pemeriksaan kanker serviks atau mulut rahim,(Papsmear) bagi ibu-ibu di Kota Sentani. Terselenggaranya, kegiatan itu tak lain guna memperingati hari kesatuan gerak PKK Kabupaten Jayapura yang akan dirayakan pada bulan Maret ini.

Ketua PKK Kabupaten Jayapura, Ny.Magdalena Awoitauw kepada wartawan mengatakan, kegiatan seperti ini baiknya juga diturunkan ke tingkat distrik dan kampung, guna mendeteksi ibu-ibu yang memiliki gejala kanker serviks atau mulut rahim.

“ Penyakit itu sebenarnya, hanya mengenai khusus perempuan saja sehingga justru pola hidup dan bersih harus paling terutama dan terpenting dalam setiap keluarga. Kita tidak tahu, kita sehat namun didalam tubuh kita tidak tahu apakah sehat atau tidak,” katanya.

Untuk itulah,Dia minta kepada ibu-ibu rutin memeriksakan diri setiap bulan guna mencegah timbulnya kanker serviks. Pemeriksaan rutin juga sangat penting untuk mengetahui, gejala apa yang ada didalam tubuh kita,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala dinas pengendalian,penduduk,dan keluarga berencana,( DP2KB) Kabupaten Jayapura,Derek Timotius Wouw mengungkapkan, kanker mulut rahim salah satu penyebab terbesar kematian yang dialami wanita. Maka dengan demikian,kami melakukan kegiatan pemeriksaan dengan melibatkan ibu-ibu di Kota Sentani.

“ Dengan maksud karena PKK mengarah kepada ibu-ibu, maka kami melakukan kepada ibu-ibu untuk memeriksakan diri disini dalam mencegah timbulnya kanker serviks atau mulut rahim. Melalui, ini kita bisa langsung mendeteksi, bila ditemukan maka bisa langsung ditangani,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *