Wabup Giri Wijayantoro Resmikan Kantor Pemerintah Adat Homfolo

oleh -552 views
Wabup Giri Wijayantoro saat menggunting pita sebagai tanda diresmikannya kantor pemerintah adat Homfolo.

Kilaspapua, Sentani- Wakil bupati,(Wabup) Kabupaten Jayapura, Giri Wijayantoro meresmikan kantor pemerintah adat Homfolo di Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, selasa (11/2/2020). Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita disaksikan Asisten 1 bidang pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, sejumlah kepala dinas, masyarakat dan ondofolo Homfolo, Demas Tokoro.

Wabup Kabupaten Jayapura, Giri Wijayantoro kepada wartawan mengatakan, peresmian itu terjadi tak lain adanya campur tangan dari adat dalam hal inovasi seperti, bagaimana bisa berkembang dan melindungi saudara-saudara yang lain.

“ Melalui pembangunan gedung itu maka tentunya akan melahirkan sejumlah terobosan-terobosan yang sangat luar biasa dari kampung adat dan ondo yang ada,” katanya.

Lanjutnya, peresmian itu juga memberikan suasana bagi kemajuan di Kampung. Artinya,kemajuan di Kampung terlihat bahkan bisa dirasakan langsung. Harapannya, tempat lain bisa mencontoh apa-apa saja yang dibuat oleh kampung adat disini,” ujarnya.

Maka dari itulah, diminta agar kantor itu digunakan secara baik dan pelayanan semakin nyata. Jadi, tidak ada alasan lagi didalam kantor itu tidak ada orang dihari-hari kerja, tentunya dengan kantor yang bagus itu pelayanan bagi masyarakat juga semakin baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ondofolo Homfolo, Demas Tokoro mengatakan, pembangunan kantor itu tak lain dari, implementasi visi dan misi Bupati Jayapura tentang kampung adat. Dari kampung biasa berubah statusnya menjadi kampung adat, akhirnya ada timbul pikiran-pikiran atau wawasan kita berkembang untuk bagaimana kampung-kampung itu dibangun, dan itu dimulai dari kantor pemerintah adat itu.

“Dulu terlihat biasa-biasa saja dan itu tidak nampak aktivitas pemerintahan.  Pelayanan publik tidak ada, namun dengan telah hadirnya kantor itu maka saya sudah katakan kepada staf atau perangkat kampung, jika kantor kampungnya bagus maka itu akan mempengaruhi kinerja kampung juga,” katanya.

Ketua panitia pembangunan kantor pemerintah adat Homfolo, Nofri Ali Tokoro menjelaskan, pada pembangunan kantor kampung adat kampung Homfolo/simporo seluas 16×27,5 m , dengan biayai Rp 1,2 Milliar lebih yang bersumber dari, dana desa tahun anggaran 2017/2018 dengan masa, pelaksanaan selama 8 bulan,” jelasnya.

Asisten 1 bidang Pemerintah Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri saat meresmikan gedung paud sinar kasih bertepatan peresmian kantor pemerintah adat Homfolo.

Pada kesempatan itu juga diresmikan gedung paud sinar kasih di Kampung Homfolo ,Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua oleh Asisten I bidang Pemerintah Setda Kabupaten Jayapura.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *